Sifat Wajib Rasul Jaiz Mustahil Arti Beserta Penjelasannya

Sifat Wajib Rasul Jaiz Mustahil Arti Beserta Penjelasannya – Pada kesempatan ini Pengetahuan Islam akan membahas mengenai Sifat Wajib Rasul. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan sifat wajib bagi Rasul, sifat jaiz, sifat mustahil, arti berserta penjelasannya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel Pengetahuan Islam tentang Sifat Wajib Rasul berikut ini.

Sifat Wajib Rasul Jaiz Mustahil Arti Beserta Penjelasannya

Sifat wajib Rasul adalah sifat yang harus di miliki oleh para Rasulullah atau utusan Allah SWT.

Sedangkan sifat Mustahil Rasul adalah sifat yang tidak mungkin terjadi pada diri Rasulullah. Sifat Mustahil merupakan lelawan dari sifat wajib.

Sebagai umat muslim yang iman tentu wajib bagi kita untuk mengetahui segala sesuai mengenai sifat wajib dan sifat mustahil serta sifat jaiz bagi Rasul.

Agar lebih mudah untuk memahaminya silahkan lihat penjelasan dibawah ini:

Sifat Wajib dan Sifat Mustahil Bagi Rasul

Sifat Wajib Rasul Jaiz Mustahil Arti Beserta Penjelasannya

Sebagai mana telah diterangkan dalam penjelasan diatas, bahwa Nabi dan Rasul memiliki sifat wajib dan sifat mustahil bagi Rasul. Hal demikian sudah menjadi iradat dari Allah atau kehendak dari Allah Subhanallahu Taala. Ke semua hal tersebut merupakan penjelas bahwa Nabi dan Rasul dapat menjadi suri tauladan biki kita umatnya.

Sebagai mana Allah Subhanallahu Taala telah berfirman dalam QS. Al Baqarah ayat 213, yaitu:

كَانَ النَّاسُ أُمَّةً وَاحِدَةً فَبَعَثَ اللّهُ النَّبِيِّينَ مُبَشِّرِينَ وَمُنذِرِينَ وَأَنزَلَ مَعَهُمُ الْكِتَابَ بِالْحَقِّ لِيَحْكُمَ بَيْنَ النَّاسِ فِيمَا اخْتَلَفُواْ فِيهِ وَمَا اخْتَلَفَ فِيهِ إِلاَّ الَّذِينَ أُوتُوهُ مِن بَعْدِ مَا جَاءتْهُمُ الْبَيِّنَاتُ بَغْياً بَيْنَهُمْ فَهَدَى اللّهُ الَّذِينَ آمَنُواْ لِمَا اخْتَلَفُواْ فِيهِ مِنَ الْحَقِّ بِإِذْنِهِ وَاللّهُ يَهْدِي مَن يَشَاءُ إِلَى صِرَاطٍ مُّسْتَقِيمٍ (البقرة: ٢١٣

Artinya:

Manusia itu adalah umat yang satu. (setelah timbul perselisihan), maka Allah mengutus para nabi, sebagai pemberi peringatan. Dan Allah menurunkan bersama mereka Kitab yang benar, untuk memberi keputusan di antara manusia tentang perkara yang mereka perselisihkan.

Tidaklah berselisih tentang Kitab itu melainkan orang yang telah didatangkan kepada mereka Kitab, yaitu setelah datang kepada mereka keterangan-keterangan yang nyata, karena dengki antara mereka sendiri. Maka Allah memberi petunjuk orang-orang yang beriman kepada kebenaran tentang hal yang mereka perselisihkann itu dengan kehendak-Nya. Dan Allah selalu memberi petunjuk orang yang dikehendaki-Nya kepada jalan yang lurus.”

Baca Juga:  √ Pandangan Hukum Orang Yang Tidak Bisa Membaca Al-Qur'an

Serta masih banyak ayat yang menjelaskan mengenai sifat para rasulullah Sallahu Alaihi Wassalam.

Sifat Wajib Bagi Rasul

Sedangkan untuk sifat wajib bagi Rasul terdiri dari 4 (empat), antara lain yaitu:

  1. الصِّدِيْق : Benar
  2. الْأَمَانَةُ: Terpercaya
  3. التَّبْلِيْغُ: Menyampaikan
  4. الْفَطَانَةُ : Pintar atau Cerdas

Sifat Mustahil Bagi Rasul

Sedangkan unutk lawan kata dari sifat wajib yaitu sifat mustahil, sifat mustahil bagi Rasul terdiri dari 4 (empat) bagian antara lain:

  1. الْكِذِبْ : Bohong
  2. الْخِيَانَةْ: Khianat
  3. الْكِتْمَانْ : Menutup-nutupi atau Menyembunyikan
  4. الْبِلَادَةْ : Bodoh

Arti dari Sifat wajib dan Mustahil

Dibawah ini merupakan penjelasan mengenai arti dari Sifat wajib serta Sifat Mustahil bagi Rasul, antara lain yaitu:

Sifat Wajib, Shidiq

Shidiq (الصِّدِيْق) yang memiliki arti benar atau jujur. Hal ini menjelaskan bahwa para nabi dan Rasul selalu di jaga oleh Allah SWT mengenai kebenaran dan kejujurannya. Sehingga tidak mungkin para Nabi dan Rasul ingkar tentang segala apa yang dikatakan oleh Nabi dan Rasul kepada umatnya. Sebab Nabi dan Rasul merupakan laki-laki pilihan Allah SWT.

Sifat Mustahil, Kidzib

Lawan dari sifat Shidiq yaitu sifat Al kidzb yang mempunyai arti bohong (الْكِذِبْ). Dalil atas hal tersebut yakni sesungguhnya bila mereka para Rasul berbohong niscaya tentang adanya berita dari Allah Taala itu bohong. Dan hal demikian tersebut mustahil.

Sifat Wajib, Amanah

Amanah (الْأَمَانَةُ), arti dari Sifat Amanah yaitu dapat dipercaya. Sama halnya dengan yang dikatakan sebelumnya bahwa Nabi dan Rasul tidak pernah ingkar maupun berdusta. Nabi dan Rasul selalu dapat dipercaya untuk melaksanakan segala sesuatu apapun yang diperintahkan oleh Allah SWT kepadanya.

Sifat Mustahil, Khiyanat

Sifat Khiyanat merupakan sifat Al khiayanat (الْخِيَانَةْ) atau berhianat. Mengenai dalil dari sifat khiyanat yaitu sesungguhnya jika mereka para Rasul berkhianat dengan perbuatan yang dimakruhkan atau diharamkan niscaya kita semua itu diperintah dengan seumpanya demikian. Hal demikian tidak benar bahwa kita di perintahkan terhadap apa yang dimakruhkan dan diharamkan.

Baca Juga:  √ Pengertian Nifaq, pembagian dan hukumnya (Lengkap)

Sifat Wajib, Tabligh

Sifat Tabligh (التَّبْلِيْغُ) memiliki arti meyampaikan. Sebagaimana tugas utama bagi para Rasul yaitu menyampaikan segala sesuatu dari Allah SWT, atau menyampaikan wahyu dari Allah SWT kepada umatnya.

Sifat Mustahil, Kitman

Sifat Kitman (الْكِتْمَانْ) memiliki arti menutup-nutupi yang merupakan lawan dari sifat Tabligh. Dalil dari sifat ini yaitu sesungguhnya jika meraka para Rasul menutup-nutupi segala perkara atau sesuatu yang telah diperintahkan pada mereka untuk disampaikan. Niscaya kita juga diperintahkan untuk menyembunyikan hal tersebut. Dan hal yang demikian tidak benar bahwa kita diperintahkan untuk hal tersebut. Karena sesungguhnya orang yang menutup-nutupi pengetahuan itu dilaknat.

Sifat Wajib,Fathonah

Sifat wajib bagi Rasul yang keempat yaitu Fathonah (الْفَطَانَةُ), sifat wajib yang satu ini memiliki arti pintar atau cerdas. Nabi dan Rasul diberi kecerdasan oleh Allah SWT agar mereka mampu memerangi kaum yang tidak berada dijalan Allah SWT serta mengajak kaumnya untuk berada pada jalan yang benar, yaitu jalan yang diridhoi oleh Allah SWT.

Sifat Mustahil; Biladah

sifat Al-biladah atau bodoh (الْبِلَادَةْ) merupakan lawan dari sifat Fathonah. Dalil Biladah dari sifat ini yaitu sesungguhnya jika mereka para Rasul tidak cerdas niscaya mereka tidak berkuasa membuat hujjah terhadap para lawan atau musuh, hal demikian tersebut mustahil. Karena Al Qur’an menunjukan dalam banyak tempat atas menegakannya para Rasul terhadap hujjah kepada lawan atau musuh.

Sifat Jaiz Bagi Rasul

Sifat Jaiz atau Boleh bagi Rasul yaitu sifat A’radh al-Basyariyah (الأَعْرَاضْ الْبَشَرِيَّة). Jaiz atau boleh dalam haq para Rasul sifat Al-a’rod Al-Basyariyah (الأَعْرَاضْ الْبَشَرِيَّة) atau nampak manusiawi yang tidak menimbulkan kekurangan pada martabat mereka yang luhur seperti sakit dan seumpamanya. Dan dalil tersebut yaitu dengan terbuktinya sifat penampakan manusiawi pada Rasul Alaihi sholatu wa ssalam.

Demikian penjelasan mengenai Sifat Wajib Rasul Jaiz Mustahil Arti Beserta Penjelasannya, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.