Pengertian Qalqalah, Huruf, Contoh Bacaan Dalam Alquran

Pengertian Qalqalah, Huruf, Contoh Bacaan Dalam Alquran – Pada kesempatan ini akan membahas mengenai Pengertian Qalqalah. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan pengertian qalqalah, huruf qalqalah, contoh bacaan qalqalah yang ada dalam Al-quran. Untuk lebih jelasnya simak artikel PengetahuanIslam.com berikut ini.

Pengertian Qalqalah, Huruf, Contoh Bacaan Dalam Alquran

Sebagai seorang muslim bacaan Al-quran tentunya akan terasa lebih baik dan sempurna bila membacanya dengan baik dan benar yang sesuai dengan kaidah tajwid. Terdapat beberapa hukum bacaan tajwid salah satunya yaitu qalqalah.

Hukum bacaan ini sangatlah banyak ditemukan di Al-quran dan telah menjadi tajwid dasar yang tentunya harus dikuasai. Namun sangat disayangkan kebanyakan orang masih belum sempurna dalam mengucapkan atau melafalkan bacaan tajwid ini.

Agar Anda dapat lebih mudah untuk memahami tentang bacaan ini, tentunya akan dijelaskan secara singkat dan jelas. Bukan hanya menerangkan pengertian dan contohnya saja namun akan dibahas beberapa jenis dan bagaimana cara membaca yang benar.

Pengertian Qalqalah

Pengertian Qalqalah Huruf Contoh Bacaan Dalam Alquran

Secara bahasa pengertian qalqalah adalah pantulan atau memantul. Banyak yang mengartikan bahwa qalqalah yaitu getaran suara. Secara bahasa arti dari pada qalqalah suada sesuai dengan cara pelafalannya.

Bacaan qalqalah memiliki sifat lazimah yang mana cara pengucapannya dengan memantulkan lafad sukun kembali ke harokat fathah. Secara bahasa juga dapat diartikan dengan getaran /bergetar suara.

Sedangkan secara istilah qalqalah memiliki artian melafalkan huruf tertentu dengan cara memantulkan secara jelas dan kuat. Berdasarkan dalam kajian ilmu tajwid bahwa qalqalah terjadi saat adanya huruf qalqalah berharokat sukun atau di baca mati.

Huruf Qalqalah

Dalam setiap sifat dari huruf terdapat beberapa huruf yang terkhususkan memiliki sifat dari bacaan tajwid. Adapun huruf qalqalah terdiri 5 (lima) huruf, antara lain ba, jim, dal, tha’ dan qof.

Agar dapat meudah dalam menghafal huruf ini Anda dapat mensingkatnya menjadi Baju Di Toko. Ada juga yang mensingkat menjadi Qatbujadin atau terdiri dari hruf Qaf, Tho’, Ba, Jim dan Dal.

Selain dari singkatan tersebut, Anda juga dapat membuat singkatan sendiri supaya dapat lebih mudah dalam menghafalkannya. Ada juga beberapa singkatan yang dapat Anda gunakan untuk mengahafalkan beberapa huruf yang termasuk kedalam huruf qalqalah.

Baca Juga:  Pengertian Pendidikan Agama Islam Tujuan dan Ruang Lingkup

Ucapan lafal yang disebut qalqalah sebab huruf tersebut berharakat sukun atau dibaca sukun saat waqaf. Jadi saat terdapat huruf qalqalah yang berharakat sukun atau di baca waqaf Anda harus membacanya dengan cara memantul.

Baca Juga :

Jenis Bacaan Qalqalah

Macam qalqalah dibedakan menjadi 2 (dua) antara lain qalqalah sughro dan kubro. Jenis bacaan qalqalah ini dibedakan berdasarkan harakat dan tanda waqofnya.

Untuk lebih mengetahui jenis bacaan qalqalah berikut ketarangannya:

Qalqalah Sughra

Qalqalah sugro atau bisa dikatakan juga dengan qalqalah kecil adalah bacaan qalqalah dengan ditandai harokat sukun. Huruf qalqalah yang berharakat sukun masuk dalam ketegori qalqalah kecil atau sugra.

Adapau nbacaan qalqalah sugra dengan membaca dipantulkan tipis atau tidak terlalu kuat. Qalqalah sugra ini umumnya dapat dijumpai pada pertengahan kalimat atau ayat Al-quran.

Biasanya bacaan ini sering diabaikan dan banyak masih membacanya qalqalah sugra tanpa dipantulkan.

Qalqalah Kubro

Qalqalah kubro atau sering dikatakan dengan qalqalah besar adalah bacaan qalqalah yang di baca waqafd di akhir kalimat. Bila terdapat huruf qalqalah pada akhir kalimat dan dibaca waqaf maka termasuk qalqalah kubro.

Dalam qalqalah kubro juga dibagi menjadi 2 (dua) jenis yakni qalqalah kubro soghir dan kabir. Bacaan yang termasuk kedalam qalqalah kubro soghir yakni bila terdapat huruf qalqalah  dibaca waqaf pada akhir kalimat.

Sedangkan untuk bacaan qalqalah kubro kabir bilamana terdapat huruf qalqalah berada pada akhir kalimat yang dibaca waqaf dengan sertai tasydid. Cara pelafalannya pun lebih tebal dan lebih memantul.

Dari keterangan tentang jenis qalqalah Anda bisa melihat perbedaan antara qalqalah sugro dan kubro secara jelas. Perbedaannya pada keduanya yakni letak untuk qalqalah kubro berada di akhir kalimat sedangkan qalqalah sugra berada pada tengah kalimat.

Cara membaca pada kedua jenis bacaan qalqalah tentunya berbeda, pada qalqalah sugra dibaca tidak terlalu kuat. Sedangkan pada qalqalah kubro dibaca memantul dengan kuat.

Baca Juga:  √ Tata Cara Sholat Ghoib Untuk Mayit Lengkap beserta Do'anya

Contoh Bacaan Qalqalah Dalam Alquran

Contoh bacaan qalqalah yang ada didalam Al-quran sangat banyak dan tentunya mudah ditemukan. Salah satu surat yang seluruh ayatnya terdapat bacaan qalqalah yakni pada sural Al-Lahab. Surat ini terdiri dari 5 (lima) ayat yang keseluruhannya terdapat bacaan qalqalah kubra.

تَبَّتْ يَدَا أَبِي لَهَبٍ وَتَبَّ

Pada akhir ayat terdapat bacaan qalqalah kubro kabir yang mana ba yang berfatha dibaca waqaf dan dilengkapi dengan tasydid. Adapun huruf ba cara membacanya yakni harus dibaca memantul dengan kuat.

مَا أَغْنَىٰ عَنْهُ مَالُهُ وَمَا كَسَبَ

Pada ayat ini terdapat bacaan qalqalah kubra di mana ba’ fatkhah di akhir kalimat di baca waqaf.

سَيَصْلَىٰ نَارًا ذَاتَ لَهَبٍ

Dalam ayat ketiga surat Al Lahab terdapat tanda wasal dibaca sambung dengan ayat berikutnya sehingga tidak mengandung bacaan qalqalah.

Ayat ke empat dari surat Al Lahab yaitu:

وَامْرَأَتُهُ حَمَّالَةَ الْحَطَبِ

Pada ayat ini terdapat bacaan qalqalah kubra dimana ba’ kasrah dibaca waqaf.

Ayat ke lima dari surat Al Lahab yaitu:

فِي جِيدِهَا حَبْلٌ مِنْ مَسَدٍ

Dalam ayat terdapat bacaan qalqalah kubro di mana dal kasroh tanwin ada di akhir kalimat dan dibaca waqaf.

Cara Membaca Bacaan Qolqolah yang Benar

Cara membaca kalkalah secara umum adalah dengan cara dipantulkan, supaya dapat sempurna bacaan qalqalah. Anda Anda dapat mengikuti  5 cara membaca bacaan qolqolah, dibawah ini :

  1. Qalqalah dibaca miring ke u jika huruf sebelum dan sesudahnya berharakat dhamah.
  2. Bacaan Qalqalah dibaca miring ke huruf a jika huruf sebelum atau sesudahnya berharakat fatkhah atau huruf sebelumnya berharakat dhomah atau huruf sesudahnya berharakat kasrah
  3. Qalqalah dibaca miring ke o jika huruf hijaiyah sebelumnya berharakat fatkhah dan sesudahnya berharakat dhammah.
  4. Bacaan Qalqalah dibaca miring ke e jika huruf sebelumnya berharakat kasrah dan sesudahnya berharakat fathah
  5. Qalqalah dibaca miring ke i jika huruf sebelum dan sesudahnya berharakat kasrah.

Pada intinya cara membaca qalqalah adalah dengan cara dipantulkan. Kuat tidaknya pantulan tergantung dari jenis bacaan qalqalahnya.

Demikian penjelasan mengenai Pengertian Qalqalah, Huruf, Contoh Bacaan Dalam Alquran, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.