Panjang Umur Adalah Anugerah Allah Agar Memperbanyak Kebaikan

Panjang Umur Adalah Anugerah Allah Agar Memperbanyak Kebaikan – Pada kesempatan ini Pengetahuan Islam akan membahas mengenai Panjang Umur. Yang mana dalam pembahasan ini menerangkan tentang panjang umur adalah anugerah yang diberikan oleh Allah SWT kepada kita agar memperbanyak amalan kebaikan. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang Panjang Umur berikut ini.

Panjang Umur Adalah Anugerah Allah Agar Memperbanyak Kebaikan

Umur panjang adalah suatu anugerah yang telah diberikan oleh Allah Subhanallahu Wa Taala kepada kita semua. Jangan menyia-nyiakan kesempatan umur panjang dengan tidak memperbanyak amalan kebaikan. Amalan yang baik dan perbanyak sujud atau ibadah adalah suatu kesempatan diberikan panjang umur.

Jangan Menyia-nyiakan Umur Panjang

Panjang Umur Adalah Anugerah Allah Agar Memperbanyak Kebaikan

Untuk setiap hal yang bernyawa tentu pasti akan merasakan akan datangnya kematian. Mati merupakan penghalang pintu, yang tidak tahu seorang pun yang tidak melewatinya.

Umur manusia telah ditentukan oleh Allah SWT. Bersyukurlah kepada-Nya bagi setiap orang yang telah di berikan kesempatan menikmati umur panjang.

Jangan Anda menyia-nyiakan kesempatan umur tersebut, sebab sebaik-baiknya orang yaitu orang yang umurnya panjang dan banyak melakukan kebaikan selama hidupnya.

Ingatlah, jangan Anda sampai menyesal seusai menjadi penghuni kubur nantinya. Penyesalan didunia mungkin dapat diterima oleh Allah SWT, namun bila penyesalan berada didalam alam kubur tentu tidaklah berguna lagi.

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, yakni:

عَنْ أَبِيْ صَفْوَانَ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ بُسْرٍ الْأَسْلَمِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ، قَالَ رَسُوْلُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم: خَيْرُ النَّاسِ مَنْ طَالَ عُمْرُهُ وَحَسُنَ عَمَلُهُ، رَوَاهُ التَّرْمِذِيُّ وَقَالَ: حَدِيثُ حَسَنٌ

Artinya:

Dari Abu Shafwan ialah Abdullah bin Busr al-Aslami ra, berkata: “Rasulullah ﷺ bersabda: “Sebaik-baik manusia adalah orang yang panjang usianya dan baik kelakuannya.” Diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi dan ia mengatakan bahawa ini adalah Hadis hasan.

Dari keterangan hadist tersebut menjelaskan bahwa sebaik-baiknya manusia adalah seseorang yang diberikan panjang umurnya dan baik perbuatan amaliah selama masa hidupnya di dunia.

Baca Juga:  Adab Mendengarkan Adzan Bagi Muslim Lengkap

Tentu kita semua bukanlah makhluk yang sempurna selain beliau Nabi Muhammad SAW yang terjaga akan amaliah dan segala perbuatannya.

Dengan berusaha meningkatkan perbuatan amalan baik, tentu nantinya akan dibalas oleh Allah SWT sesuai dengan apa yang telah kita lakukan semasa di dunia.

Memperbanyak Sujud

Sebagai manusia tentu diciptakan oleh Allah SWT dengan sempurna. Kita tidak kekurangan sesuatu apapun, semua telah Allah siapkan untuk kita manusia.

Manusia telah diperintah oleh Allah untuk membaca apa yang telah Allah ciptakan untuk manusia. Segala hal dan sesuatu yang terdapat di bumi merupakan segala kemaslahatan untuk manusia.

Perbanyaklah bersujud dan memohon kepada-Nya. Bagi setiap orang yang bersujud pada-Nya tentu Allah SWT akan mengangkat derajatnya.

Sebagaimana Rasulullah Shalallahu Alaihi wa Sallam telah bersabda, yaitu:

عَنْ أَبِيْ عَبْدِ اللَّهِ، وَيُقَالُ: أَبُوْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ ثَوْبَانَ مَوْلَى رَسُوْلِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ: عليكَ بِكَثْرةِ السُّجُودِ، فإِنَّك لَنْ تَسْجُد لِلّٰهِ سَجْدةً إلاَّ رفَعكَ اللَّهُ بِهَا دَرجَةً، وحطَّ عنْكَ بِهَا خَطِيئَةً،  رَوَاهُ مُسْلِمٌ

Artinya:

Dari Abu Abdillah, dikatakan dengan nama Abu Abdir Rahman, yaitu Tsauban, hamba sahaya Rasulullah ra, berkata; “Saya mendengar Rasulullah s.a.w. bersabda:

Hendaklah engkau memperbanyak bersujud, sebab sesungguhnya engkau tidaklah bersujud kepada Allah sekali sujud. melainkan dengannya itu Allah mengangkatmu sedarjat dan dengannya pula Allah menghapuskan satu kesalahan dari dirimu”. (Hadist Riwayat Muslim)

Keterangan hadits

Allahu a’lam bish-showab, Rasulullah a’lamu bimurdihi. Dalam pengertian dari kedua hadits tersebut yaitu memberikan keterangan kepada kita semua, yaitu:

  • Umur Panjang merupakan kesempatan yang sangat berharga untuk melakukan segala kebaikan sebanyak-banyaknya, sebab pada kesempatan inilah menjadi sebaik-baiknya manusia;
  • Tentu menjelaskan bahwa tidak semua orang diberikan umur panjang;
  • Dalam hal ini kita tidak ada yang tahu kapan kematian akan menjemput dimana, kapan dan siapa.
  • Banyaknya bersujud, pasti diangkat derajatnya oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala;
  • Dengan sujud yang banyak pasti diampuni dosanya oleh Allah Ta’ala;
  • Beribadah kepada Allah jangan sampai terkalahkan oleh urusan keduniaan.
Baca Juga:  Allah Menghilangkan Ilmu Dengan Wafatnya Ulama

Demikian penjelasan mengenai Panjang Umur Adalah Anugerah Allah Agar Memperbanyak Kebaikan, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.