Kisah Nabi Sulaiman Serta Mu’jizatnya yang Menginspirasi

√ Kisah Nabi Sulaiman Serta Mu’jizatnya yang Menginspirasi

Kisah Nabi Sulaiman Serta Mukjizatnya yang Menginspirasi – Pada kesempatan ini Pengetahuan Islam akan membahas tentang Kisah Nabi Sulaiman. yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan kisah nabi Sulaiman yang menjadi raja, setelah wafatnya raja jalut dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih Lengkapnya silahkan simak Artikel berikut ini.

Kisah Nabi Sulaiman Serta Mukjizatnya yang Menginspirasi

Nabi Sulaiman AS merupakan utusan Allah SWT yang telah di beri amanah menjadi raja menuntun para kaum Bani Israel di Palestina. Sebagai seorang rasul dan nabi, tentunya Nabi Sulaiman AS memiliki banyak keistimewaan dan kisah yang menarik dapat kita pelajari.

Tahukah anda siapa Nabi Sulaiman AS? Beliau merupakan raja yang menguasai atas manusia dan mahluk allah yang lainya, seperti jin dan hewan. Dikisahkan pula, Nabi Sulaiman AS memiliki istana yang indah dengan dibangun oleh pasukan bangsa jin dalam waktu satu malam. Selain itu, Nabi Sulaiman AS memiliki kisah menarik dengan seekor semut, burung hud-hud, dan  ratu bilis dari Negeri Saba.

Tentang Nabi Sulaiman AS

Nabi Sulaiman bin Daud bin Aisya bin Awid merupakan nabi yang ke delapan belas yang hidup antara tahun 975-935 M. Beliau merupakan putra kandung dari Nabi Daud AS yang diangkat menjadi nabi dan rasul sekitar tahun 970 M.

Tanda-tanda kenabian Nabi Sulaiman sudah nampak sejak kecil. Di usianya yang baru menginjak sebelas tahun, beliau telah menunjukkan kecerdasan dan kematangan berpikir. Hal itu juga nampak ketika nabi sulaiman ikut dengan ayahnya menghadiri sidang peradilan yaitu antara dua orang yang sedang bersengketa.

Salah seorang mengatakan bahwa, ladangnya telah dimasuki oleh kambing milik tetangganya. Oleh sebab itu, kebun yang sebentar lagi  panen rusak karna ulah para kambing. Setelah menimbang-nimbang, nabi daud pun memutuskan agar si pemilik kambing menyerahkan hewan pliharaannya sebagai ganti rugi atas rusaknya lahan.

Lalu Nabi Sulaiman merasakan apa yang ditentukan sang ayah kurang tepat. Maka dari itu beliau mengusulkan kepada ayahnya, bahwa kebun yang telah rusak diserahkan kepada pemilik kambing untuk diperbaiki. Sedangkan kambing-kambing tersebut diserahkan kepada pemilik ladang untuk dipelihara, kemudian diambil manfaatnya hingga kebunnya kembali seperti  semula.

Sehingga, tidak ada pihak yang  merasa terlalu dirugikan atau diuntungkan. Pendapat Nabi Sulaiman AS pun disambut dengan baik oleh kedua belah pihak dan para hadirin. Begitulah sekilas tentang kisah Nabi Sulaiman saat remaja dalam menunjukan ketajaman berpikir dan kebijaksanaanya.

Keistimewaan dan Mukjizat Nabi Sulaiman AS

Mukjizat Nabi Sulaiman AS yang paling mashur yaitu beliau mampu memerintah bangsa para jin, berbicara dengan hewan dan mampu menundukan angin.

Atas izin Allah SWT, Nabi sulaiman mampu terbang kemanapun sesuai keinginannya. Selain itu nabi Sulaiman AS juga mempersingkat waktu perjalananya, yang tadinya di tempuh dalam jangka satu bulan menjadi sebentar.

Selain itu, dalam Al-quran Surat Saba’ ayat 12 disebutkan bahwa Nabi Sulaiman AS juga mampu mengalirkan cairan tembaga yang ada di perut bumi. Beliau memanfaatkan cairan itu untuk keperluan rakyatnya. Seperti membangun gedung-gedung, benteng pertahanan, dan lain sebagainya.

Beliau pun pernah menggatakan kepada rakyatnya akan datangnya Nabi sekaligus rasul terakhir yang bernama Ahmad atau Muhammad dan akan munculnya Dajjal di akhir zaman. Selain dari itu, masih banyak mukjizat-mukjizat yang dimiliki oleh nabi sulaman AS.

Baca Juga:  √ Cerita Ayah Nabi Ibrahim Yang Tidak Iman Kepada Allah

Kisah Berdirinya Istana Nabi Sulaiman AS

Setelah wafatnya Nabi Daud AS, Nabi Sulaiman pun mewarisi kekayaan dan kerajaan sang ayah. Setelah cukup umur, beliau angkat menjadi raja untuk memerintah Bani Israil di wilayah Palestina, Istana yang ditempati beliau pun begitu megah dan indah.

Pada suatu hari, diceritakan bahwa istana Nabi Sulaiman itu dibangun oleh bangsa manusia, jin dan hewan. Merekapun saling berkerjasama untuk menyelesaikan kediaman Nabi Sulaiman AS yang sangat luas, mulai awal pembangunan sampai jadilah istana yang indah dan megah.

Keindahan istana nabi Sulaiman ini memang tak tertandingi. Dindingnya saja terbuat dari batu pualam, sedangkan pintu dan tiangnya berasal dari bahan emas, atapnya dari perak, sedang hiasan serta ukirannya berasal dari bahan intan, berlian, dan mutiara. Bahkan lantainyapun terbuat dari emas dan kaca.

Kisah Nabi Sulaiman AS dengan Pasukan Semut

Pada waktu itu, Nabi Sulaiman AS beserta rombongannya melakukan perjalanan ke desa Thaif. Ketika dalam perjalanan, Nabi sulaiman mendengar suara seekor semut yang sedang kepanikan. Karena ada pasukan Nabi sulaiman yang hendak melintasinya.

Melihat pristiwa ini, raja semut pun memerintahkan kepada semut lainnya untuk berlindung ke sarangnya masing-masing, agar tidak terinjak-injak. Mendengar kepanikan sang raja semut, Nabi Sulaiman pun langsung tertawa. Kemudian beliau meminta rombongannya untuk berhenti sejenak. Pengikutnya pun jadi kebingungan dan bertanya-tanya kenapa tiba-tiba mereka harus berhenti mendadak sedangkan perjalanan yang ditempuh masih jauh.

Nabi Sulaiman pun menjelaskan kepada pengikutnya apa yang telah beliau dengar dari raja semut dan pasukannya. Atas perintah beliau, akhirnya para pasukan itu pun menunggu sampai para semut itu masuk ke sarangnya lalu melanjutkan perjalanannya lagi.

Kisah Nabi Sulaiman Serta Mu’jizatnya yang Menginspirasi

Kisah Nabi Sulaiman AS dengan Burung Hud-Hud

Pada suatu hari, beliau Nabi sulaiman mengundang seluruh bala tentaranya yang terdiri dari manusia, jin, dan para binatang, semua jenis  hewan hadir terkecuali hud-hud.

Karena merasa jengkel dengan ketidakhadiran hud-hud, beliau pun berencana ingin menghukum hud-hud. Hal tersebut tercantum dalam Surah An-Naml ayat 21 yang berbunyi,

“Sungguh aku benar-benar akan mengazabnya dengan azab yang keras atau benar-benar menyembelihnya kecuali jika benar-benar dia datang kepadaku dengan alasan yang terang.”

Setelah ditunggu lama oleh Nabi Sulaiman AS kemudian hud-hud pun datang.  Karna burung hud-hud datang dengan membawa sebuah kabar yang penting, maka Nabi sulaiman pun tak jadi menghukumnya.

Hewan bersayap itu mengaku melihat sebuah negeri subur yang diperintah oleh seorang perempuan. Perempuan tersebut memiliki kerajaan dan singgahsana yang besar. Akan tetapi dia dan rakyatnya tidak menyembah Allah SWT, melainkan meyembah matahari.

Sang nabi pun sempat meragukan penjelasan si burung. Untuk membuktikan kebenarannya, beliau memerintahkan kepada hud-hud untuk menyampaikan sehelai  surat untuk negri tersebut.

Kisah Nabi Sulaiman AS dengan Ratu Balqis

Setelah mendapat perintah dari Nabi Sulaiman AS, burung hud-hud pun langsung terbang ke Negeri Saba, untuk menyampaikan surat dari nabi sulaiman. Sesampainya hud-hud di negri Saba, kemudian hud-hud  menjatuhkan surat yang dibawanya ke Ratu Balqis. Wanita itu lantas membaca surat tersebut :

“Dengan Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Penyayang, surat ini kusampaikan dariku, Sulaiman. Janganlah kamu bersikap sombong terhadapku dan menganggap dirimu lebih tinggi dariku. Datanglah kalian kepadaku untuk berserah diri.”

Sang ratu pun memberitahukan isi surat tersebut kepada pembesar-pembesar negerinya dan meminta pertimbangan mereka. Para petinggi pun berkata siap mengangkat senjata karena Negeri Saba memiliki pertahanan yang kuat dan pasukan yang besar. Namun semua itu kembali kepada sang ratu.

Sebagai bentuk iktikad baik, Ratu Balqis memutuskan untuk mengirim hadiah kepada nabi Sulaiman. Setibanya utusan-utusan ratu di kerajaan Nabi Sulaiman AS, mereka diperintahkan untuk membawa pulang hadiah itu kepada ratunya.

Baca Juga:  √ Kisah Nabi Shaleh As dan Kaum Tsamud (Bahas Lengkap)

Beliau pun meminta agar sang ratu untuk mendatangi kediaman nabi Sulaiman dan mengancam akan mengusir mereka dari Negeri Saba ketika tak bersedia untuk datang. Ratu Balqis pun setuju, lalu Nabi Sulaiman AS merintahkan salah satu pengikutnya (jin Ifrit) untuk memindahkan singgasana ratu Negeri Saba ke hadapan beliau. Dengan hanya satu kedipan mata saja istana negri saba sudah ada di hadapan nabi sulaiman.

Sesampainya di kerajaan Nabi Sulaiman AS, Ratu Balqis pun terkagum-kagum akan megahnya istana yang  dilihatnya. Ratu Bilqis pun tak menyangka jika ada istana yang menyerupai miliknya. Karena selama ini dia berpikir hanya dialah yang memiliki singasana yang indah dan megah.

Kemudian, Nabi Sulaiman AS mengajak sang ratu dan pasukannya berkeliling istana. Seiring waktu berjalan, Nabi Sulaiman  mengajak mereka untuk beriman kepada Allah SWT. Dengan Seketika Ratu Balqispun mengucap syahadat dan memeluk Agama Islam. Kemudian ratu Bilqis dipersunting oleh Nabi Sulaiman AS sehingga menjadi kerajaan yang lebih kuat lagi.

Kisah Nabi Sulaiman AS dengan Malaikat izroil

Pada masa Nabi sulaiman AS menjadi raja, Nabi Sulaiman AS mengundang seluruh tamu kenegaraan untuk menghadiri jamuan makan malam di istananya. Di pertengahan acara, tiba-tiba datang seorang pemuda lalu memandangi semua tamu satu per satu dengan tatapan yang sangat tajam.

Setelah memandangi para tamu, lalu tatapan si pemuda ini berakhir dan tertuju pada seseorang. Kemudian tamu tak diundang itu pun langsung pergi entah ke mana. Sementara itu, orang yang ditatap tadi merasa ketakutan dan ngeri.

Setelah itu, orang yang terakhir di pandang bertanya kepada Nabi Sulaiman mengenai pemuda tersebut. Lalu nabi sulaiman pun menjawab, dia adalah malaikat maut yang akan mencabut salah satu tamu yang hadir di tempat ini.

Mendengar jawaban tersebut, tamu yang bertanya tadi langsung merasa jika dirinyalah yang hendak dicabut nyawanya. Dia kemudian meminta tolong kepada nabi Sulaiman agar segera memindahkan tubuhnya dari tempat jamuan. Kemudian Nabi Sulaiman pun mengutus angin untuk membawa orang itu ke India.

Setelah tamu tadi dipindahkan, pria misterius tadi datang kembali dan menanyakan keberadaan orang tadi yang akan dicabut nyawanya kepada Nabi Sulaiman AS. Beliau pun menceritakan kejadian sebenarnya kepada malaikat.

Mengetahui hal itu, malaikat izroil langsung menuju India untuk menjalankan perintah Allah SWT, yakni mencabut nyawa. Kedatangannya pun membuat tamu yang dipindahkan angin tadi kaget bukan main. Meski berusaha menghindar, ternyata datangnya ajal tak bisa dihentikan atau di tunda.

Kisah Nabi Sulaiman AS – Makam di Yerusalem

Pada suatu hari, Nabi Sulaiman AS sedang mengawasi kawanan jin yang disuruhnya bekerja. Para jin  pun tak berani menoleh ke arah Nabi sulaiman AS. pada Saat itu pula, malaikat izroil datang untuk mencabut nyawa beliau.

Nabi Sulaiman wafat dalam keadaan berdiri yang disanggah oleh tongkatnya.  Para Jin-jin yang tengah sibuk  bekerja tak mengetahui jika rajanya telah wafat. Selanjutnya, Allah SWT memerintahkan rayap-rayap untuk menggerogoti tongkat Nabi sulaiman AS, sehingga tubuh beliau tersungkur ke tanah.

Mengetahui hal tersebut, para jin pun berhenti bekerja, lalu menghampiri Nabi Sulaiman AS sudah dalam keadaan tak bernyawa. Innalillahi wainnailaihi roji’un.

Demikianlah kisah tentang Kisah Nabi Sulaiman Serta Mu’jizatnya yang Menginspirasi. Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita.