√ Kisah Nabi Luth As Dan Turunnya Azab Bagi Kaumnya

Kisah Nabi Luth As Dan Turunnya Azab Bagi Kaumnya – Pada pembahasan kali ini Pengetahuan Islam akan menceritakan tentang Kisah Nabi Luth. Tentang Kisah Nabi Luth AS. Bahwa perjuangan Nabi Luth As dalam mensyiarkan agama islam mendapat cobaan yang begitu besar, sampai sampai ummat Nabi Luth di azab oleh Allah. Untuk lebih lengkapnya silahkan simak simak artikel di bawah ini.

Kisah Nabi Luth As Dan Turunnya Azab Bagi Kaumnya

Di terangkan dalam Alquran, bahwa kisah Nabi Luth AS terdapat di beberapa surat. Di antaranya adalah surat Al A’raaf ayat 80 sampai 84, surat Hud ayat 69 sampai 83, Surat Al Hijr ayat 51 sampai 77, Surat Asy Syu’araa’ ayat 160 sampai 175, Surat An Naml ayat 54 sampai 58, Surat Al ‘Ankabut ayat 28 sampai 35, Surat Ash Shaaffaat ayat 133 sampai 138, Surat Adz Dzaariyat ayat 31 sampai 37, dan Surat Al Qamar ayat 33 sampai 40.

Semua cerita Nabi luth as yang telah di paparkan di Alquran, telah kami ringkas dengan seringkas-ringkasnya, supaya kita dengan mudah memahami moral dan kesabaran nabi luth as dalam menyebarkan agama Allah pada kaumnya.

Sekilas Kisah Nabi Luth AS

Nabi Luth As adalah merupakan keponakan Nabi Ibrahim As, yang nama ayah beliau adalah Haran bin Azar dan saudara kembarnya yaitu Nahor. Dalam runtutan keturunan tersebut, beliau masih ada hubungannya yang erat dengan Syam, karena beliau merupakan salah satu anak laki-laki dari Nabi Nuh As.

Nabi Luth As sendiri menikah dengan Waliah yang kemudian di karuniai dua anak yang bernama Raitsa dan Zaghrata. Beliau dan keluarganya tinggal di sebuah daerah yang di sebut sebagai daerah sodom, dan untuk saat ini daerah tersebut berada di kota Yordania.

Namun, sebelum Nabi Luth As dan keluargannya tinggal di daerah s0dom, beliau pernah tinggal di daerah Kan’an.  Karena profesi Nabi Luth As sebagai peternak dan penggembala maka membuat Nabi Luth As dan keluarganya memilih untuk tinggal di daerah s0dom. Karena, di daerah s0dommasih banyak lahan kosong yang subur yang terletak di pinggir Sungai Yordania. Di sela-sela kesibukanya, Nabi Luth As masih bisa meluangkan waktunya untuk bersosialisali kepada daerah s0dom guna mensyiarkan agama Allah.

Baca Juga:  √ Cerita Ayah Nabi Ibrahim Yang Tidak Iman Kepada Allah

Kebiasaan Buruk Kaum Sodom

Di dalam lingkup kota s0dom terdapat salah satu tempat Pentapolis yang berada di sekitar sungai Yordania. Karena di kota s0dom ini masih beraliansi dengan Amorah, Zoara, Admah, dan Zeboiim untuk bidang perdagangan dan kebudayaan. Sehingga, masyarakat setempat memiliki kondisi ekonomi, dan mata pencaharian, yang sangat baik dan elastis dalam mengembangkan perekonomiannya,

Kota s0dom adalah merupakan salah satu kota yang memiliki ekonomi yang pesat di bandingkan kota yang lainnya. Mayoritas semua penduduk kota s0dom menjalankan usaha beternak, bertani, dan berdagang. Karena tanah yang subur, membuat hasil jerih payahnya pun terbayar lunas.

Namun, walaupun kota s0dom di beri keberkahan dan kehidupan yang serba tercukupi, akan tetapi mereka enggan bersyukuri nikmat yang telah di beri oleh Allah. Karena watak serakah yang menyelimuti penduduk s0dom, mereka pun sering melakukan perkara yang keji di hadapan Allah, dengan berbuat dosa semaunya sendiri.

Kisah Nabi Luth AS Mensyiarkan Agama Allah

Karena kebiasaan buruk para kaum s0d0m yang telah menyalahi kodrat, Allah pun mengutus seorang Nabi untuk berdakwah kepada mereka supaya mau bertaubat kepada Allah. Dan pada akhirnya Allah mengutus Nabi Luth as untuk memberi pelajaran moral terhadap kaum s0dom, dan mengangkat derajat mereka.

Namun untuk merubah semuanya, tentu sangatlah berat Untuk Nabi Luth, karena  Nabi Luth as yang selalu memperoleh penolakan dan perlawanan dari kaumnya, baik secara terang-terangan maupun sembunyi-sembunyi.

Kisah Nabi Luth As Dan Turunnya Azab Bagi Kaumnya

Kisah Nabi Luth AS Didatangi Oleh Malaikat

Dikisahkan pada suatu hari, ketika Allah memberi perintah kepada tiga malaikat untuk turun ke bumi guna menyampaikan sebuah kabar baik dan sebuah kabar buruk kepada Nabi Luth As. dalam kitab Alquran di jelaskan, saat ketiga malaikat itu turun ke bumi para malaikat pun menyamar sebagai pemuda yang sangat tampan. Tujuan Pertama para malaikat adalah mendatangi Nabi Ibrahim As, yang bertempat di kota kan’an.

Nabi Ibrahim pun menjamu tamunya dengan sangat ramah. Kemudian Para malaikat tersebut mengatakan apa yang menjadi tugasnya. Yakni  memberikan kabar terhadap Nabi Ibrahim, bahwa mereka mereka diutus Allah untuk memberitahu bahwa Nabi Ibrahim As akan segera dikaruniai seorang putra yang kelak menjadi utusan Allah, yakni Nabi Ishak As. Setelah itu, Para malaikat pun menceritakan adzab yang akan di turunkan terhadap para kaum s0dom.

Baca Juga:  √ Kisah Nabi Shaleh As dan Kaum Tsamud (Bahas Lengkap)

Mendengar khobar tersebut, Nabi Ibrahim pun bersedih dan bertanya kepada malaikat, “ Lalu bagaimana dengan nasib Luth?” malaikat pun menjawab pertanyaan Nabi Ibrahim, sesungguhnya adzab yang di turunkan oleh Allah khusus untuk para kaum s0dom yang suka berbuat dosa dan melakukan maksiat.

Singkat cerita, setelah para malaikat selesai menemui Nabi Ibrahim, merekapun pergi meninggalkan Nabi Ibrahim untuk menemui Nabi Luth As. Setelah tiba di kota s0dom, tidak sedikit dari kaum s0domyang tertarik terhadap  ketampanannya Sampai-sampai mengikutinya sampai di rumah Nabi Luth As.

Setibanya para malaikat di rumah Nabi Luth As, beliau pun Merasa mempunyai tanggung jawab penuh terhadap keselamatan tamunya, Nabi Luth As pun kemudian meminta mereka untuk segera masuk dan istirahat di dalam rumah Nabi Luth. Dan tak lupa, Nabi Luth pun berpesan kepada keluarganya untuk merahasiakan keberadaan para tamu Nabi Luth As.

Akan tetapi, kabar bahwa kotanya telah kedatangan para pemuda pemuda tampan sudah tersebar luas. Di tambah lagi dengan kecerobohan istri Nabi Luth as yang telah membocorkan keberadaan para pemuda pemuda tampan tersebut, Karena Istri Nabi Luth tergiur dengan suapan emas. Kemudian warga yang penasaran langsung berbondong bondong mendatangi rumah Nabi Luth As untuk bertemu dengan pemuda tersebut,

Setelah Nabi Luth As tau bahwa keberadaan para pemuda tersebut, lantas Nabi Luth As segera mengunci rapat-rapat rumahnya dan membuat barikade di pintunya, agar semua orang yang ingin berusaha masuk tidak bisa masuk. Nabi luth As pun memberi nasihati terhadap orang-orang yang ingin memaksa masuk.

Setelah itu Para malaikat pun memberi tahu kedatangannya bahwa mereka di utus oleh Allah untuk menyampaikan kabar kepada beliau. Bahwa sesungguhnya ummat beliau akan di beri Azab ketika tidak mau bertaubat kepada Allah. Nabi Luth pun bersedih. Setelah menyampaikan kabar tersebut, kemudi para malaikat pun kembali ke tempat asalnya meninggalkan Nabi Luth.

Demikianlah Kisah Nabi Luth As Dan Turunnya Azab Bagi Kaumnya semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita.