Doa Pagi Hari Pendek Sesuai Dengan Sunah Rasulullah SAW

Doa Pagi Hari Pendek Sesuai Dengan Sunah Rasulullah SAW – Pada pembahasan kali ini Pengetahuan Islam akan membahas mengenai Doa Pagi Hari. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan beberapa doa pagi hari pendek yang sesuai dengan sunah Rasulullah SAW. Untuk lebih jelasnya simak artikel Pengetahuan Islam tentang Doa Pagi Hari berikut ini.

Doa Pagi Hari Pendek Sesuai Dengan Sunah Rasulullah SAW

Pagi hari merupakan suatu waktu bagi setiap orang dalam mengawali seluruh aktivitas rangkaian kegiatan sehari-hari.

Waktu pagi merupakan waktu yang sangat efektif dalam mencari rezeki yang Allah tebar di muka bumi ini. Dengan kondisi tubuh pada pagi hari dimana badan dan fikiran kita masih segar, penuh semangan dan jernih.

Di waktu pagi hari juga berbagai macam manusia melakukan kegiatan dan memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka. Hal inilah yang menjadi kesempatan bagi Anda dalam memanfaatkannya dengan sebaik mungkin.

Sebagaimana Rasulullah SAW telah bersabda:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لأُمَّتِى فِى بُكُورِهَا

Artinya : “Ya Allah, berkahilah umatku di waktu paginya.” (Hr. Tarmidzi)

Dalam keterangan hadist tersebut bahwa Rasulullah SAW memohon kepada Allah SWT agar diberkahi umatnya pada waktu pagi hari mereka. Nah untuk Anda yang menginginkan bertambah dan mendapatkan rezeki berlimpah, lancer dan berkah maka usahakan agar bangun pagi.

Hal ini dapat dilakukan dengan cara menunaikan sholat sunah sebelum subuh, menunaikan sholat subuh berjamaah dan kemudian dilanjutnya dengan dzikir seusai sholat subuh sampai terbitnya matahari.

Rasulullah bersabda :

Siapa yang sholat subuh berjamaah, kemudian dia duduk berdzikir kepada Allah hingga matahari terbit, kemudian dia mengerjakan sholat sunnah dua rakaat, maka baginya pahala haji dan umroh.”

Rasulullah melanjutkan sabdanya, “Sempurna, sempurna, sempurna.” (HR. At-Tarmidzi).

Bila melihat hadist tersebut bisa diambil kesimpulan bahwa begitu luar biasanya manfaat dari sholat subuh berjamaah pada pagi hari yang mana akan memperoleh pahala haji dan umroh.

Baca Juga:  √ Pengertian Ibadah, Syarat, Keutamaannya Dalam Islam

Doa Pagi Hari

Doa Pagi Hari Pendek Sesuai Dengan Sunah Rasulullah SAW

Apakah Anda ingin badan serta pikiran segar ketika bangun tidur? Maka panjatkanlah doa bangun tidur sebagai bentuk raya syukur bisa bangun di pagi hari.

Supaya Anda tidak malas ketika akan mengawali berbagai macam aktivitas sehari utuh, bacalah doa pagi hari dan pahami juga artinya.

Selain membaca doa pada pagi hari, Anda juga dianjurkan agar melafadzkan beberapa bacaan dzikir supaya tetap ingat dan dalam perlindungan Allah SWT.

Doa Pagi Hari Sesuai Sunnah Pendek

Sebagaimana Rasulullah panjatkan doa pagi hari yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA dikutip oleh Imam An Nawawi, yakni:

اَللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا وَبِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوْتُ، وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ

Allahummà bìka ashbáhná, wá biká ámsáiná, wá biká náhyá, wá biká námutu, wá iláikán nusyuru

Artinya

Ya Allah, dengan-Mu aku menjalani pagi hari, dengan-Mu aku menjalani sore hari, dengan-Mu aku hidup, dengan-Mu aku mati. Hanya kepada-Mu aku kembali.” (HR Abu Dawud, At-Turmudzi, Ibnu Majah)

Doa Pagi Hari Sesuai Sunnah Panjang

Selain doa pagi hari pendek tersebut, terdapat juga doa yang lebih panjang, sebagai mana diriwayatkan oleh sahabat Ibnu Masud yang dikutip oleh Imam An Nawawi, yakni:

Selain doa pagi hari pendek diatas, terdapat doa pagi hari sesuai sunnah Rasulullah yang lebih panjang. Doa ini diriwayatkan oleh Sahabat Ibnu Mas‘ud yang dikutip oleh Imam An-Namawi.

أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ الملْكُ للهِ، وَالحَمْدُ للهِ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الملْكُ وَلَهُ الحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ، رَبِّ أَسْأَلُكَ خَيْرَ مَا فِي هَذِهِ اللَّيْلَةِ وَخَيْرَ مَا بَعْدَهَا وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِي هَذِهِ اللَيْلَةِ وَشَرِّ مَا بَعْدَهَا، رَبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنَ الكَسْلِ وَسُوْءِ الكِبَرِ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابٍ فِي النَّارِ وَعَذَابٍ فِي القَبْرِ

Ashbahná wá áshbáhal mulku lilláhi wál hámdu lilláhi, lá iláhá illalláhu wáhdahu lá syáriká láh, láhul mulku wá láhul hámdu wá huwá ‘álá kulli syái‘in qádīr.

Baca Juga:  √ Cerita Nabi Dzulkifli - Seorang Raja Sabar Pemimpin Rakyat

Rábbi ás’áluká kháirá má fī hádzihil láiláta wá kháira má ba‘dahá, wá á ‘udzu biká min syarri má fi hádzihil láiláta wa kháira má bá ‘dahá.

Rábbi, á ‘udzu biká minál kasli wá su’il kibári. A‘ūdzu biká min ‘adzábin fin nári wa ‘ádzábin fil qábri.

Artinya:

“Kami dan kuasa-Mu menjalani pagi hari. Segala puji bagi-Mu. Tiada tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kuasa dan puji. Allah yang menguasai atas segala sesuatu.

Tuhanku, aku memohon kepada-Mu kebaikan malam ini dan malam sesudahnya. Aku memohon perlindungan-Mu kejahatan malam ini dan malam sesudahnya.

Tuhanku, aku memohon perlindungan-Mu dari kemalasan dan kedaifan masa tua. Aku memohon perlindungan-Mu dari siksa neraka dan siksa kubur,” (Imam An-Nawawi, Al-Adzkar).

Doa Pagi Hari Setelah Mengerjakan Sholat Subuh

Rasulullah SAW juga telah mengajarkan pada umatnya agar selalu senantiasa membaca doa pagi hari setelah menunaikan sholat subuh. Berikut ini bacaan doa pagi hari setelah mengerjakan sholat subuh, yakni:

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Alláhummá inni ás aluká  ilmán naáfì’áa wa rizqán toyyibáa wá ‘amálan mutáqábbálaa

Artinya:

Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik (halal) dan amal yang diterima.” (HR Ibnu As – Sunni)

Membaca Ayat Kursi

Selain kita membacaketiga doa tersebut, Anda juga dapat membaca ayat kursi sebagao bacaan doa pada pagi hari.

Membaca Surah Al Ikhlas, Al Falaq dan An Naas

Setelah kita membaca ayat kursi, kemudian dilanjutkan membaca surat Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-nas sebanyak tiap surat 3x bacaan.

Demikian penjelasan mengenai Doa Pagi Hari Pendek Sesuai Dengan Sunah Rasulullah SAW, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.