Doa Sapu Jagat, Keutamaan dan Waktu Mustajab Membaca Doa

Doa Sapu Jagat, Keutamaan dan Waktu Mustajab Membaca Doa – Pada kesempatan ini PengetahuanIslam.com akan membahas mengenai Doa Sapu Jagat. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan bacaan doa sapu jagat arab latin dan terjemah serta keutamaan juga waktu mustajab dalam membaca doa sapu jagat.

Doa Sapu Jagat, Keutamaan dan Waktu Mustajab Membaca Doa

Saat kita kecil tentunya sudah diajarkan dengan berbagai macam perihal doa yang harus dilakukan sebelum atau saat melakukan sesuatu kegiatan tertentu.

Seluruh doa tersebut diajarkan mulai dari kecil agar dapat diterapkan setiap harinya dan akan menjadi ladang ibadah. Doa juga akan menjadi sebuah budaya agar dapat memulai sesuatu yang baik.

Hal ini disebabkan adanya anjuran untuk mengawali segala kegiatan dengan niat yang benar dan memohon agar diberikan petunjuk dari sang Pencipta. Misalnya saja doa sebelum makan, doa sebelum tidur, doa sebelum masuk kamar mandi dan doa sapu jagat. Dalam hal ini Pengetahuan Islam akan membahas tentang Doa Sapu Jagat.

Doa Sapu Jagat

Sebagai umat muslim tentunya telah mengenal dan hapal dengan istilah doa sapu jagat. Doa ini sangatlah mudah untuk di ingat sebab doa tersebut tidaklah terlalu panjang  dan tentunya memiliki banyak keutamaan yang terkandung.

Doa ini sering sekali di baca oleh Nami Muhammad Saw. Dalam dzikirnya. Disamping itu juga doa ini dianjurkan dalam Al-Quran yang memiliki keutamaan yang besar.

Mungkin Anda penasaran kenapa bacaan doa ini di sebut dengan doa sapu jagat? Sebab doa ini benar-benar mengandung makna yang ampuh terkadung didalamnya. Doa ini berisikan mengenai permintaan seluruh kebaikan dan keselamatan dunia dan akhirat.

Bacaan Doa Sapu Jagat

Adapun bacaan dari doa sapu jagat yang mana terdapat dalam Al Quran surat Al Baqarah ayat 201, yakni:

Doa Sapu Jagat Keutamaan dan Waktu Mustajab Membaca Doa

Bacaan Doa Sapu Jagat Arab

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

 Rabbanaa aatinaa fiddunyaa ẖasanataw wa fil aakhirati ẖasanataw wa qina ‘aźaban-nar.

Artinya : “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan selamatkanlah kami dari siksa api neraka”

Dengan Anda memanjatkan doa ini, memohon agar diberikan keselamatan dan kebaikan di dunia dan akhirat serta memohon keselamatan oleh Allah Swt. dari siksaan api neraka.

Bacaan Doa Sapu Jagat Panjang

Dengan membaca doa sapu jagat atau disebut juga dengan doa keselamatan dunia dan akhirat yang mana adalah doa permohonan terhadap Allah supaya dapat diberikan keselamatan dunia dan akhirat.

Baca Juga:  Inilah Bacaan Dzikir Di Waktu Petang Serta Faidahnya

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

Allaāhumma Innāa Nās Aluka Salaāmatan Fid Diin, Wa ‘Aāfiyatān Fil Jasād, Wā Ziyādatān Fil ‘Ilmi, Wabārokātan Dir Rizqi, Wā Taubatān Qoblāl Maut, Warohmatān Indal Maut, Wa Maghfirotān Ba’dāl Māut.

Allaāhumma Hāwwin ‘Alāinaa Fii Sakārotil Maut, Wān Najaata Minan Nāar, Wal ‘Afwa Indāl Hisāab.

Artinya:

Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu keselamatan ketika beragama, kesehatan badan, limpahan ilmu, keberkahan rezeki, taubat sebelum datangnya maut, rahmat pada saat datangnya maut, dan ampunan setelah datangnya maut.

Ya Allah, mudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul maut, berikanlah kami keselamatan dari api neraka, dan ampunan pada saat hisab.

Waktu Terbaik Membaca Doa Sapu Jagat

Dalam tiap melakukan amalan tentunya mempunyai waktu tertentu atau khusus dalam melakukannya. Semisal saat mengerjakan sholat, baik melakukan sholat wajib atau sholat sunah. Tentu terdapat waktu yang mana perintah untuk melaksanakan sholat yang dikerjakan.

Sama halnya dengan doa, terdapat waktu terbaik dalam melakukan doa yang akan dilantunkan kelangit dapat menembus Arsy Allah SWT.

Berikut adalah beberapa waktu mustajab dalam membaca doa sapu jagat, antara lain:

Selesai Sholat Wajib

Doa yang terkandung dalam ayat ini dapat menjadi salah satu rangkaian doa yang tidak dilupakan oleh Nabi Muhammad Saw. Pada tiap seusai sholat. Hal ini dapat terlihat dari hadist Nabi yang diriwayatkan oleh Bukhori dan Muslim.

Hadist tersebut menerangkan bahwa sahabat Nabi yang bernama Anas Ra. Mengatakan bahwa doa ini merupakan doa yang paling sering dibaca oleh Rasul. Dengan demikian, doa ini menjadi sunnah Rasul saat dikerjakan akan memperoleh limpahan pahala.

Sepertiga Malam Terakhir

Dalam keterangan hadist lainnya, bahwa Nabi disebutkan selalu menyisipkan doa sapu jagat saat nabi berdoa kepada Allah Swt. Baik pada saat membaca doa pagi hari, doa sore hari atau dalam sepertiga malam. Nabi juga tidak pernah lupa untuk membaca doa ini.

Sebab doa ini terbilang pendek, yang hanya membutuhkan waktu kurang dari 15 detik untuk membacanya dengan tepat dan khusyuk, artinya bahwa doa ini sangatlah mudah untuk diamalkan.

Keutamaan Doa Sapu Jagat

Terdapat beberapa keutamaan doa sapu jagat yang terkandung didalamnya, antara lain yaitu:

Memohon Kebaikan Selama di Dunia

Tujuan dari hidup manusia di alam dunia ini sesuai dengan Al-Quran yaitu untuk beribadah kepada Allah Swt. Manusia tidaklah diciptakan untuk melakukan hal lainnya yang ada didunia ini kecuali untuk melakukan perintah-Nya.

Namun, dengan kehadiran setan yang bertujuan menggangu dan menjerumuskan manusia tentu benar adanya. Banyak yang lalai akan tujuan hidup utama yang sebetulnya. Sampai akhirnya, manusia banyak melakukan perbuatan buruk, kejelekan serta kemungkaran terhadap Allah Swt.

Baca Juga:  Surat Ar Rahman Bacaan Arab Latin dan Keutamaannya

Dengan membaca doa sapu jagat ini, kita akan terlindungi dari segala bentuk kejelekan yang ada didunia. Memohon akan kebaikan yang berarti kita berharap akan hidup yang dijalani benar sesuai dengan ketentuan dan perintah Allah Swt.

Memohon Kebaikan di Akhirat

Dalam kehidupan didunia bukan tidak terbatas yang mana akan berakhir pada kematian. Sebab akan datangnya hari kiamat sebagai pertanda hari akhir yang ada di alam semesta.

Sebab itulah, apa yang kita lakukan selama hidup didunia akan diminta pertanggungjawaban sepenuhnya diakhirat nanti. Doa sapu jagat sendiri tidak sekedar terbatas untuk memohon kebaikan saat didunia saja, doa ini juga untuk meminta kebaikan selama kita berada diakhirat kelak.

Berikut beberapa kebaikan yang ada diakhirat, antara lain:

  • Selamat dari siksa di alam kubur.
  • Penghitungan yang mudah saat hisab.
  • Mendapatkan pertolongan selama di padang Mahsyar
  • Menyeberangi Jembatan Ash-Shirot dengan mudah.
  • Bisa minum di telaga Al Kautsar Nabi Muhammad
  • Mendapatkan syafaat Nabi Muhammad.
  • Menerima catatan amal dengan tangan kanan
  • Diselamatkan dari api neraka.
  • Dihindarkan dari panas matahari yang menyengat
  • Mendapatkan kedudukan yang tinggi di sisi Alla dan masih banyak lagi kebaikan yang kita butuhkan selama hidup di akhirat.
  • Mendapatkan keridloan Allah

Meminta Perlindungan dari Api Neraka

Akhir dari hidup manusia yaitu penilaian dari segala amal yang dilakukan saat berada di dunia. Bila selama hidup di dunia taat dan patu perintah Allah dan rasul-Nya, maka janji Allah surga akan menjadi balasannya.

Akan tetapi bila manusia tersebut hidup menyia-nyiakan dengan hal yang tidak penting apalagi sampai melanggar perintah Allah, tentunya neraka akan menjadi tempatnya.

Dengan kita membaca doa sapu jagat, berharap agar kita mendapat ampunan dari segala kesalahan dan kehilafan selama hidup didunia. Dosa yang menumpuk yang dapat membawa kita menuju neraka akan diampuni oleh Allah Swt.

Berharap dengan mengamalkan doa ini, dapat terhindar dari siksaan api neraka yang  panasnya tak terbayangkan.

Namun ada yang perlu diingat, selain membaca doa ini kita juga harus melaksanakan perintah Allah dan amalan sunnah lainnya.

Semakin banyak amal ibadah yang kita kerjakan, semakin baik kualitas hidup kita di dunia, semakin besar kesempatan kita terbebas dari api neraka. Oleh sebab itu, jangan lelah untuk terus beribadah dan berdoa kepada Allah.

Demikian penjelasan mengenai Doa Sapu Jagat, Keutamaan dan Waktu Mustajab Membaca Doa, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.