Doa Menyembelih Kambing Beserta Penjelasannya

Doa Menyembelih Kambing Beserta Penjelasannya – Pada kesempatan ini Pengetahuan Islam akan membahas mengenai Doa Menyembelih Kambing. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan bacaan doa menyembelih kambing bahasa indonesia, bahasa arab beserta penjelasannya. Untuk lebih jelasnya simak artikel Pengetahuan Islam mengenai Doa Menyembelih Kambing berikut ini.

Doa Menyembelih Kambing Beserta Penjelasannya

Bagi sorang mulimin yang beriman tentunya senantiasa selalu memperhatikan aturan dan syariat dalam islam. Pada tata cara penyembelihan juga memiliki beberapa aturan yang telah ditetapkan syariat islam. Hayawan darat dapat dikatakan halal untuk dikonsumsi bila disembelih dengan secara syar’i.

Rukun Penyembelihan

Seperti yang telah ditentukan dalam syari, terdapat rukun yang harus dilaksanakan dalam penyembelihan hewan. Peneymbelihan ini harus sesuai dalam aturan yang telah ditetapkan oleh syariat islam. Bila tidak memenuhi ketentuan yang telah ditetapkan untuk menyembelih, maka daging tersebut akan terbilang sebagai bangkai dan haram untuk dikonsumsi.

Adapun rukun penyembelihan sebagai berikut:

  • Orang yang menyembelih harus beragama Islam
  • Melafadz atau menyebutkan Nama Allah yakni dengan membaca Bismillahi Allahu Akbar atau cukup dengan membaca ‘Bismillah’
  • Hewan yang disembelih halal untuk dimakan atau dikonsumsi
  • Memakai alat tajam, misalnya pisau, parang, dan lain sebagainya
  • Cara penyembelihan dengan memutuskan kerongkongan dan tenggorokan serta memutuskan urat tempat saluran makan dan minum.

Sunahnya dalam penyembelihan

Doa Menyembelih Kambing Beserta Penjelasannya

Dalam melakukan penyembelihan hewan darat akan mendapatkan kesempurnaan bila dilengkapi dengan beberapa kesunahannya. Dengan menyempurnakan kesunahan yang sudah tentu akan mendapat keutamaan. Serta akan lebih bernilai ibadah yang mulia disisi Allah SWT yang pahalanya sudah pasti.

Adapun kesunahan dalam penyembelihan, antara lain:

  • Membaca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW;
  • Menyelembelih dengan menggunakan pisau yang tajam;
  • Orang yang menyembelih menghadap arah kiblat;
  • Menghadapkan hewan yang disembelih ke arah kiblat.

Menyembelih Kambing

Dalam hal ini kambing yang dimaksudkan yaitu kambing yang ada pada umumnya. Misalnya kambing kacang jantan dan betina, serta domba jantan dan betina atau sesamanya. Ada 4 macam penamaan kambing, antara lain yaitu: kambing kacang laki, kambing kacang perempuan, domba jantan dan domba betina.

Baca Juga:  √ Menjaga Shalat Pada Waktunya dan Menjaga Shalat Ashar

Niat Menyembelih

Niat merupakan pekerjaan hari yang harus dilakukan dan terucap dalam hati pada waktu apa yang akan dimulai pekerjaan. Dengan melafadzkan niat dalam madzhab Syafii hukumnya sunnah. Oleh sebab itu maka akan jauh lebih sempurna bila sebelum bermelakukan agar terlebih dahulu untuk mengucapkan niat supaya hati terbantu pada pemulaan pekerjaan.

Doa dan Niat Menyembelih Domba Laki

Adapun doa dan niat untuk menyembelih Domba laki, yaitu:

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ: نَوَيْتُ أَنْ أَذْبَحَ هَذَا الْخُرُوْفَ (أَتَوْ الشَّاةَ) أَنْ يَقْطَعَ حُلْقُوْمَ وَالْمَرِىءَ فَرْضًا لِلَّهِ تَعَالَى اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Allahumma sholli wa sallim ‘ala sayyidina Muhammadin. A’udzu billahi minasy-syaithonir rojiim. Nawaitu An Adzbaha Hadzal Khurufa (atau  Sysyaata) Ayyaqtho’a khulquma wal maria Fardhollillahi T’a’ala. Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar,  Bismilahirrohmanirrohim.

Artinya:

Ya Allah berikanlah rahmat dan salam pada penghulu kami Nabi Muhammad. Aku Berlindung kepada Allah dari Godaan Syetan yang terkutuk. Aku niat Menyembelih Domba Laki ini untuk memutuskan tenggorokan dan kerongkongannya fardhu karena Allah Ta’ala.

Allah yang Maha Besar, Allah yang Maha Besar, Allah yang Maha Besar, Allah yang Maha Besar. Dengan Nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.”

Doa dan Niat Menyembelih Domba Perempuan

Adapun doa dan niat Menyembelih Kambing domba betina, yaitu:

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ: نَوَيْتُ أَنْ أَذْبَحَ هَذِهِ الْخُرُوْفَةَ أَنْ يَقْطَعَ حُلْقُوْمَ وَالْمَرِىءَ فَرْضًا لِلَّهِ تَعَالَى اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Allahumma sholli wa sallim ‘ala sayyidina Muhammadin. A’udzu billahi minasy-syaithonir rojiim. Nawaitu An Adzbaha Hadzihil Khurufata Ay-yaqtho’a khulquma wal mari-a Fardhol-lillahi T’a’ala. Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar,  Bismilahirrohmanirrohim.

Artinya:

Ya Allah berikanlah rahmat dan salam pada penghulu kami Nabi Muhammad. Aku Berlindung kepada Allah dari Godaan Syetan yang terkutuk. Aku niat Menyembelih Domba Perempuan ini untuk memutskan tenggorokan dan kerongkongannya fardhu karena Allah Ta’ala.

Allah yang Maha Besar, Allah yang Maha Besar, Allah yang Maha Besar, Allah yang Maha Besar. Dengan Nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.”

Doa dan Niat Menyembelih Kambing kacang jantan

Kambing kacang jantan yang dimaksud disini yaitu kambing biasa atau kambing bandot. Dalam hal ini untuk pengucapannya niatnya juga berbeda dengan yang betina. Adapun lafadz niat dan doa yang digunakan untuk menyembelih kambing kacang jantan ini yaitu:

Baca Juga:  √ Inilah Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Tubuh (Bahas Lengkap)

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ: نَوَيْتُ أَنْ أَذْبَحَ هَذَا الْمَعْزَ أَنْ يَقْطَعَ حُلْقُوْمَ وَالْمَرِىءَ فَرْضًا لِلَّهِ تَعَالَى اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Allahumma sholli wa sallim ‘ala sayyidina Muhammadin, A’udzu billahi minasy-syaithonir rojiym. Nawaitu An Adzbaha Hadzal Ma’za Ay yaqtho’a khulquma wal maria Fardhollillahi T’a’ala. Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar,  Bismilahirrohmanirrohim.

Artinya:

Ya Allah berikanlah rahmat dan salam pada penghulu kami Nabi Muhammad. Aku Berlindung kepada Allah dari Godaan Syetan yang terkutuk. Aku niat Menyembelih Kambing Kacang Laki ini untuk memutskan tenggorokan dan kerongkongannya fardhu karena Allah Ta’ala. Allah yang Maha Besar, Allah yang Maha Besar, Allah yang Maha Besar, Allah yang Maha Besar. Dengan Nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.’

Doa dan Niat Menyembelih Kambing Kacang Perempuan

Adapun lafadz doa dan niat untuk menyembelih kambing kacang betina, yaitu:

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ: نَوَيْتُ أَنْ أَذْبَحَ هَذِهِ الْمَعْزَةَ أَنْ يَقْطَعَ حُلْقُوْمَ وَالْمَرِىءَ فَرْضًا لِلَّهِ تَعَالَى اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ، بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

Allahumma sholli wa sallim ‘ala sayyidina Muhammadin. A’udzu billahi minasy-syaithonir rojim. Nawaitu An Adzbaha Hadzihil Ma’zata Ayyaqtho’a khulquma wal maria Fardhollillahi Ta’ala. Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar,  Bismilahirrohmanirrohim.

Artinya:

Ya Allah berikanlah rahmat dan salam pada penghulu kami Nabi Muhammad. Aku Berlindung kepada Allah dari Godaan Syetan yang terkutuk. Aku niat Menyembelih Kambing Kacang Perempuan ini untuk memutskan tenggorokan dan kerongkongannya fardhu karena Allah Ta’ala.

Allah yang Maha Besar, Allah yang Maha Besar, Allah yang Maha Besar, Allah yang Maha Besar. Dengan Nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.”

Demikian penjelasan mengenai Doa Menyembelih Kambing Beserta Penjelasannya, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.