Doa Untuk Anak Bacaan Arab Latin Beserta Artinya

Doa Untuk Anak Bacaan Arab Latin Beserta Artinya – Pada kesempatan ini Pengetahuan Islam akan membahas mengenai Doa Untuk Anak. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan bacaan doa untuk anak agar beriman, bertakwa, rajin beribadah, berbakti kepada orang tua, cerdas dan pintar.

Doa Untuk Anak Bacaan Arab Latin Beserta Artinya

Dalam lingkup keluarga terdapat orang tua serta anak-anaknya yang akan menjadi generasi penerus selanjutnya. Anak adalah harta yang paling berharga yang di miliki orang tuanya. Sebab dengan memiliki anak yang sholeh akan menjadi tabungan untuk kedua orang tuanya, walau mereka telah meninggal kelak.

Sebagaimana Rasulullah bersabda telah bersabda, yaitu:

حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ حُجْرٍ أَخْبَرَنَا إِسْمَعِيلُ بْنُ جَعْفَرٍ عَنْ الْعَلَاءِ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثٍ صَدَقَةٌ جَارِيَةٌ وَعِلْمٌ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٌ صَالِحٌ يَدْعُو لَهُ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ

Artinya : Telah menceritakan kepada kami Ali bin Hujr, telah mengabarkan kepada kami Isma’il bin Ja’far dari Al ‘Ala` bin Abdurrahman dari ayahnya dari Abu Hurairah radliallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: ‘Jika seseorang meninggal dunia maka terputuslah amalnya kecuali tiga hal yaitu Sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan dan anak shalih yang mendoakannya.” Abu Isa berkata; Hadits ini hasan shahih.

Hadist tersebut menjelaskan bahwa pahala orang tua tidak terputus sebab doa anak yang sholeh yang mendoakannya saat telah meninggal dunia.

Sebagai anak mempunyai kewajiban untuk berbakti kepada kedua orang tuanya, mentaati perintahnya serta berusaha untuk menjadi orang yang sholeh seperti apa yang diajarkan orang tuanya. Orang tua juga memiliki kewajiban untuk mendidik anak mereka supaya dapat menjadi orang baik yang kelak akan berguna bagi keluarga, agama, masyarakan serta negara.

Setiap orang tua tentunya menginginkan hal yang terbaik untuk anak mereka. Baik dalam urusan duniawi atau akhirat kelak nantinya. Hanya saja tidaklah mudah untuk mengajarkan anak tentang kebaikan sesuai dengan syariat islam.

Oleh karena itulah, selain harus mendidik dengan sabar. Orang tua juga harus selalu memohon doa kepada anaknya agar dapat diberikan yang terbaik oleh Allah SWT. Seperti yang telah kita ketahui, berdoa merupakan amalan untuk memohon dan meminta ridho Allah SWT.

Baca Juga:  Bacaan Lafal Ijab Kabul Dalam Akad Nikah Lengkap

Tidak sedikit orang tua yang lalai dalam hal ini, karena hanya berfokus pada pendidikan anak secara pribadi yang baik tanpa menyertainya dengan doa yang benar. Oleh karena itu Pengetahuan Islam akan membahas mengenai Doa Untuk Anak yang bisa orang tua panjatkan supaya anak mereka menjadi pribadi yang baik.

Doa Untuk Anak

Doa Untuk Anak Bacaan Arab Latin Beserta Artinya

Sebagaimana Rasulullah telah mengajarkan kepada umatnya untuk mendoakan kepada anak mereka supaya mejadi orang yang beriman, baik, cerdas serta selamt didunia dan akhirat. Tujuan doa yaitu supaya dengan lantaran doa orang tua kepada anak ini akan membuat anak mereka mendapatkan ridho Allah SWT.

Adapaun doa yang bisa dipanjatkan orang tua untuk anaknya sebagai berikut:

Doa Untuk Anak Agar Rajin Beribadah

Tentunya sebagai orang tua ingin anaknya rajin beribadah yang menjadi harapan dalam hal beragama. Namun tidak sedikit orang tua hanya terfokuskan pada mendidik secara praktik atau teori dan mereka mengabaikan tentang kekuatan doa.

Seyogyanya sebagai orang tua mendoakan anaknya supaya rajin beribadah. Sebagaimana firman Allah dalam QS. Ibrahim ayat 40, yaitu:

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي ۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ

Rabbij’alni Muqimassolaati Wa Min dzurriyyatii Rabbanaa Wa Taqabbal du’aa

Artinya:

Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mengerjakan sholat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku”.

Doa diatas merupakan doa yang dipanjatkan oleh Nabi Ibrahim As kepada Allah SWT supaya Nabi Ibrahim dan anak cucunya kelak tekun menunaikan sholat dengan sebaik-baiknya.

Dengan doa tersebut orang tua berharap agar anaknya menjadi anak yang rajin dna tekun dalam beribadah kepada Allah SWT.

Doa Untuk Anak Agar Beriman dan Bertakwa

Selain dalam mengajarkan agar anak untuk giat dalam beribadah, hal utama lainnya yakni mengajarkan anak agar bertakwa dan beriman kepada Allah SWT. Sebab bila kita emngajarkan anak beribadah tanpa meyakini akan keberadaan tuhan dan alam semsta makan akan percuma saja.

Bisa dibilang beriman dan bertakwa kepada Allah adalah pondasi yang sangat penting bagi anak – anak.

Selain mengajarkan anak untuk beribadah, hal yang utama adalah mengajarkan mereka agar bertakwa dan beriman kepada Allah. Sebab bila mereka telah beriman dan percaya akan kekuasaan Allah SWT, maka mereka akan menjalankan kebaikan yang sudah diajarkan dalam Al Qur’an.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam QS. Al-Furqan ayat 74, yaitu:

وَالَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Wallaziina yaquuluuna rabbana hab lana min azwaajinaa wa dzurriyyaatinaa qurrata ‘ayuniw waj’alnaa lil muttaqiin imaamaa

Baca Juga:  √ Cerita Nabi Dzulkifli - Seorang Raja Sabar Pemimpin Rakyat

Artinya:

Dan orang-orang yang berkata: “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan anak-anak kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.”

Doa Untuk Anak Agar Pintar

Agar memiliki anak yang pintar sehingga menjadi idaman setiap orang tua. Untuk menjadi anak yang pintar maka kita perlu medidiknya dengan sungguh-sungguh. Tidak hanya dengan pendidikan formal saja, namun pendidikan indormal juga perlu dilakukan untuk menunjang kecerdasan sang anak. Tentunya hal tersebut tidaklah cukup bila tanpa didasari dengan doa.

اَللَّهُمَّ امْلَأْ قُلُوْبَ أَوْلَادِنَا نُوْرًا وَحِكْمَةً وَأَهْلِهِمْ لِقَبُوْلِ نِعْمَةٍ وَاَصْلِحْهُمْ وَاَصْلِحْ بِهِمُ الْأُمَّةَ

Allaahummamla Quluuba Aulaadìnaa Nuuron Wa Hikmatan Wa Ahlihim Liqobuulì Nì’matin Wa Ashlihhum Wa Ashlih bihimul Ummah

Artinya:

Ya Allah, isilah hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hamba-Mu yang layak untuk menerima nikmat-Mu, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka.”

Doa Untuk Anak Agar Cerdas

اَللَّهُمَّ اجْعَلْهُ صَحِيْحًا كَامِلاً وَعَاقِلًا حَاذِقًا وَعَالِمًا عَامِلًا

Allahummaj’alhu Shohiihan Kaamilan. Wa ‘Aqilan Haadziqon. Wa ‘Aaliman ‘Amilan

Artinya:

Ya Allah, jadikanlah anakku, anak yang sehat sempurna, Memilki akal cerdas, dan memilki ilmu dan suka beramal”.

Doa ini dibaca oleh orang tua supaya anak mereka menjadi anak yang sehat, berilmu, cerdas dan suka beramal baik.

Doa Untuk Anak Agar Berbakti Kepada Orang Tua

Keinginan orang tua yaitu memiliki anak yang berbakti kepada meraka. Sebab dengan begitu orang tua akan merasa dihormati dan dihargai. Selain itu juga arti anak berbakti kepada orang tua yaitu mereka enantiasa mendoakan orang tua dan menuruti perintah orang tuanya, dengan begitu tentunya akan menjadi lebih mudah untuk mendidik anak.

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لِي فِي أَوْلَادِي وَلَا تَضُرَّهُمْ وَوَفِّقْهُمْ لِطَاعَتِكَ وَارْزُقْنِي بِرَّهُمْ

Allahumma Baarikliy Fii Awlaadii, Wa Laa Tadhurruhum, Wa Waf Fiqhum Li Tho’atik. War Zuqniiy Birrohum

Artinya:

Ya Allah limpahkanlah barokah kepadaku dan anak-anakku, janganlah Engkau timpakan mara bahaya kepada mereka, limpahkanlah kepada mereka taufik untuk taat kepada-Mu dan karuniakanlah kepadaku rejeki berupa bakti mereka”.

Demikian penjelasan mengenai Doa Untuk Anak Bacaan Arab Latin Beserta Artinya, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.