Bacaan Doa Masuk dan Keluar Masjid

√ Bacaan Doa Masuk dan Keluar Masjid (Bahas Lengkap)

Bacaan Doa Masuk dan Keluar Masjid (Bahas Lengkap) – Pada kesempatan ini Pengetahuan Islam akan membahas tentang Doa Masuk Masjid dan Keluar Masjid. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan bacaan doa keluar masjid dan keluar masjid serta etika di dalam masjid dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih detailnya simak artikel berikut ini.

Bacaan Doa Masuk dan Keluar Masjid (Bahas Lengkap)

Masjid adalah sebuah tempat suci, tempat yang biasa kita gunakan untuk bersujud, mengabdi dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Disaat kita hendak pergi ke masjid, tentu kita dianjurkan dalam keadaan bersih dan suci, dalam arti kita tidak sedang dalam keadaan junub.

Sesuai sunnah, alangkah baiknya pada saat pergi ke masjid dan hendak melangkahkan kaki ke dalam ataupun keluar masjid, disunahkan terlebih dahulu untuk membaca doa. Lalu bagaimana bacaan doa masuk dan keluar masjid? Berikut doa yang dapat dihafalkan dan amalkan.

Doa Masuk Masjid

اللَّهُمَّ افْتَحْ لِيْ أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Alloohummmaf Tahlii Abwaaba Rohmatika

Artinya:

“Ya Allah, bukakanlah bagiku pintu-pintu rahmat-Mu”.

بِسْمِ اللهِ , وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ ,اللَّهُمَّ اغْفِرْلِيْ ذُنُوْبِيْ , وَافْتَحْ لِيْ أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Bismillah, Wassalaamu ‘Alaa Rosuulillah, Allohummaghfirlii Dzunuubii, Waftahliii Abwaaba Rohmatika

Baca Juga:  √ Bacaan Doa Kamilin : Arab, Latin dan Terjemahnya (Lengkap)

Artinya:

Dengan menyebut nama Allah dan salam atas Rasulullah. Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku dan bukakanlah padaku pintu rahmat-Mu”.

Sebelum masuk rumah, jangan lupa untuk baca Doa Masuk Rumah.

Doa Keluar Masjid

اَللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

Allohumma Inniii Asaluka Min Fadllika

Artinya:

Wahai Tuhanku, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu akan segala keutamaan-Mu”.

Tidak hanya membagikan doa masuk masjid dan keluar masjid saja, melainkan juga menambahkan etika yang harus kita jaga ketika di dalam masjid dan juga tata cara dan adabnya.

Etika di Dalam Masjid

Mengenakan Pakaian yang Sopan dan Bersih

Sebelum kita memasuki masjid, pastikan terlebih dahulu jika kita telah mengenakan pakaian yang sopan dan juga bersih dari berbagai macam najis.

Jangan lupa setelah berwudhu anda baca doa sesudah wudhu ya!

Berjalan dengan Sopan dan Tenang

Ketika sudah berada di dalam masjid, usahakan untuk berjalan dengan sopan, tenang, dan tidak tergesa – gesa agar tidak menggangu orang lain yang sedang berada di dalam masjid.

Menunggu Waktu Shalat dengan Berdzikir

Ketika sedang berada di dalam masjid untuk menunggu masuk waktu shalat, dianjurkan untuk berdzikir kepada Allah.

Tidak Bercakap – cakap di Dalam Masjid

Untuk menjaga ketenangan dan kekhidmatan masjid, sebaiknya tidak bercakap – cakap dengan orang lain yang juga sedang berada di dalam masjid.

Bacaan Doa Masuk dan Keluar Masjid
Bacaan Doa Masuk dan Keluar Masjid

Tata Cara dan Adab Masuk dan Keluar Masjid

Berikut ini adalah tata cara dan adab masuk dan keluar masjid antara lain:

Mendahulukan Kaki Kanan

Sama seperti halnya ketika sedang melakukan aktivitas atau pun perbuatan baik yang lainnya, ketika memasuki masjid, hendaknya kita mendahulukan kaki kanan dibandingkan dengan kaki kiri.

Baca Juga:  √ Doa Aqiqah, Dalil, Cara dan Waktu Penyembelihan Terlengkap

Seperti sabda Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik RA yang artinya :

Termasuk ajaran Nabi Muhammad SAW, ketika anda masuk Masjid, anda mendahulukan kaki kanan dan ketika keluar, mendahulukan kaki kiri.” (H.R. Hakim yang telah dishahihkan oleh Ad-Dzhabi).

Membaca Do’a Masuk Masjid

Pada saat memasuki masjid, umat Islam juga dianjurkan untuk membaca lafadz doa masuk masjid. Seperti yang telah dijelaskan pada bacaan diatas.

Shalat Sunnah Tahiyatul Masjid

Setelah berada di dalam masjid, kita juga dianjurkan untuk melaksanakan shalat sunah sebanyak dua rakaat. Shalat sunah ini disebut dengan shalat Tahiyatul Masjid. Shalat sunah Tahiyatul Masjid dilakukan ketika kita baru sampai di dalam masjid sebelum duduk.

Oleh karena itu, sebelum kita memasuki masjid, kita harus memastikan bahwa tubuh kita benar – benar suci dan terbebas dari berbagai macam najis.

Berdoa Ketika Keluar Sembari Mendahulukan Kaki Kiri

Sama seperti halnya ketika memasuki masjid, ketika keluar masjid kita juga dianjurkan untuk membaca lafadz doa keluar masjid yaitu ‘Allahumma inni as-aluka min fadhlik’, yang artinya “Ya Allah, Aku Meminta karunia dari – Mu.” Tidak hanya itu, saat keluar masjid, kita juga disarankan untuk mendahulukan kaki sebelah kiri.

Demikian penjelasan tentang Bacaan Doa Masuk dan Keluar Masjid (Bahas Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan kita semua. Terima kasih.