√ Doa Sebelum dan Sesudah Makan Latin dan Terjemahnya

Doa Sebelum dan Sesudah Makan Latin dan Terjemahnya – Pada kesempatan ini Pengetahuan Islam akan membahas Doa Sebelum dan Sesudah Makan. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan bacaan doa sebelum makan, doa sesudah makan, doa sebelum/sesudah minum. Untuk lebih jelasnya simak Artikel berikut ini.

Doa Sebelum dan Sesudah Makan Latin dan Terjemahnya

Segala puji bagi Allah SWT yang telah mencurahkan rahmat-Nya kepada kita semua. Sehingga kita masih diberi kesempatan untuk dapat memperbanyak amal ibadah. Dalam hal ini doa sebelum makan dan sesudah makan seringkali diajarkan oleh orang tua kepada anak-anak mereka pada usia dini.

Doa Makan

Pentingnya mengajarkan bacaan doa kepada anak bertujuan untuk menanamkan kebiasaan berdoa disaat hendak melakukan segala aktivitas.

Sudah tidak heran, banyak anak yang masih berusia dini mampu menghafal beberapa macam doa seperti doa sebelum makan maupun sesudah makan, walaupun dengan bahasa yang masih terbata-bata dikarenakan belum fasih untuk berbicara.

Berikut ini lafadz arab bacaan doa sebelum dan sesudah makan atau minum beserta latin dan terjemahannya.

Doa Sebelum Makan

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Alloohumma Barik Lanaa Fiimaa Razaqtanaa Waqinaa ‘Adzaa Bannar

Artinya :

Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka”.

Sebagai manusia, tentunya kita tidak luput dari yang namanya salah dan lupa. Jika kita lupa akan membaca doa sebelum makan maupun minum hendaklah kita juga berdoa.

Baca Juga:  √ Inilah Doa Mandi Wajib & Urutan Tata Cara Yang benar (Lengkap)

Berikut ini bacaan doa ketika Anda makan tetapi lupa membaca doa.

Bacaan doa diatas dibaca ketika kita hendak makan, ditujukan sebagai rasa syukur kita kepada Allah Swt yang telah memberikan rezeki sehingga kita masih dapat makan, dan juga mencegah setan yang hendak mengganggu saat kita sedang makan.

Doa Sesudah Makan

اَلْحَمْدُ لِلهِ الَّذِىْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِيْنَ

Alhamdu lillaahil ladzii ath’amanaa wa saqoonaa wa ja’alnaa muslimiin

Artinya :

Segala puji bagi Allah yang telah memberi makan kami dan minuman kami, serta menjadikan kami sebagai orang-orang islam

Doa di atas di baca ketika kita telah selesai makan, ditujukan sebagai rasa syukur kita kepada Allah Swt yang telah memberi kita makan dan minum dan juga menjadikan kita sebagai orang muslim.

Doa Sebelum/Sesudah Minum

اَلْحَمْدُ لِلهِ الَّذِىْ جَعَلَهُ عَذْبًا فُرَاتًا بِرَحْمَتِهِ وَلَمْ يَجْعَلْهُ مِلْحًا اُجَاجًا بِذُنُوْبِنَا

Alhamdu Lillaahil Ladzi Ja’alahuu ‘Adzban Furootam Birohmatihii Wa Lamyaj’alhu Milhan Ujaajam Bidzunuubinaa

Artinya :

Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan air ini (minuman) segar dan menggiatkan dengan rahmat-Nya dan tidak menjadikan air ini (minuman) asin lagi pahit karena dosa-dosa kami”.

Doa ketika lupa membaca doa sebelum makan

بِسْمِ اللهِ فِىِ أَوَّلِهِ وَآخِرِهِ

Bismillaahi Fii Awwalihi Wa Aakhirihi

Artinya :

Dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhirnya”.

Pada saat kita lupa membaca doa sebelum makan, telah dijelaskan menurut sabda Nabi Muhammad SAW yang berbunyi : Apabila salah seorang dari kalian makan, maka hendaklah ia ucapkan “Bismillah”.

Jika ia lupa untuk menyebutnya, hendaknya ia mengucapkan “Bismillaahi fii awwalihi wa aakhirihi” (dengan menyebut nama Allah pada awal dan akhirnya).

Baca Juga:  √ Bacaan Doa Kamilin : Arab, Latin dan Terjemahnya (Lengkap)

Dengan kita membaca doa sebelum maupun sesudah makan, maka kita telah memanjatkan rasa syukur kita kepada Allah SWT.

Doa Sebelum dan Sesudah Makan Latin dan Terjemahnya

Makna Doa Sesudah Makan

Kita bisa melihat pesan makna doa sesudah makan atau doa setelah makan tersebut dari penjelasan berikut ini.

1. Dari bacaan “Alhamdu Lillahhil Ladzi”

Dari kalimat “Alhamdu lillahhil-ladzi” (اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْنَ) artinya ucapan pujian kepada Allah. Bersyukur atas nikmat yang Allah berikan, karena semua hidangan dan proses makan bisa terjadi atas kuasa dan ijin Allah.

2. Dari bacaan ”Ath Amanaa Wa Saqaana”

Dari kalimat “Ath-amanaa wa saqaana” (اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا). Kata ath’amana yaitu berbentuk fi’il madhi yang memiliki faedah ta’diyah, yang berarti, “Dia yang telah memberi makan makanan ini kepadaku,” Dia adalah Allah yang sebagai subyek dan sebagai pemberiannya.

3. Dari bacaan “Waja’alanaa Minal Muslimiin”

Dari kalimat “waja’alanaa minal muslimiin” (مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ) yang artinya serta menjadikan kami termasuk golongan orang muslim.

Makna dari kalimat ini adalah rasa syukur atas di masukkannya kedalam ornag muslim. Dengan menjadi orang muslim berarti menjadi umat yang di ridhai oleh Allah.

Demikian Artikel tentang Doa Sebelum dan Sesudah Makan Latin dan Terjemahnya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan Kita semua. Terima kasih.