√ Panduan Bacaan Doa Bepergian Jauh Agar Diberi Keselamatan

Panduan Bacaan Doa Bepergian Jauh Agar Diberi Keselamatan – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang  bacaan doa ketika berpergian dan doa ketika sampai ditujuan lengkap beserta latin dan terjemahnya dengan lengkap dan mudah dipahami. Pasti kita sering melakukan perjalanan baik itu dalam perjalanan jauh maupun dekat, namun terkadang kita lupa untuk membaca doa ketika hendak berpergian dan doa ketika sampai di tempat tujuan.

Apabila kita melakukan perjalanan jauh maupun dekat hendaklah membaca doa berpergian agar Allah SWT melindungi kita dari segala bahaya yang ada dalam perjalanan. Serta melindungi keluarga yang sedang kita tinggalkan sampai tujuan. Untuk lebih detailnya silahkan simak ulasan Pengetahuanislam.com dibawah ini.

Panduan Bacaan Doa Bepergian Jauh Agar Diberi Keselamatan

Bagi orang yang ingin melakukan safar hendaknya belajar mengumpulkan bekal doa yang bermanfaat. Salah satunya yaitu dengan membaca doa bepergian atau doa safar. Agar kita terhindar dari sesuatu yang tidak diinginkan ketika berada di perjalanan jauh.

Doa Safar dan Naik Kendaraan merupakan doa meminta keselamatan dan perlindungan ketika kita sedang berada dalam perjalanan jauh, dengan kita mengamalkan doa safar ini maka kita akan selalu mendapat perlindungan dari Allah SWT.

Membaca doa ketika melakukan perjalanan

Kesempatan berada dalam perjalanan ini hendaknya dipergunakan untuk memperbanyak doa perjalanan arab, untuk kebaikan dunia maupun akhirat. Selain itu juga untuk mendoakan orang-orang yang ditinggali.

Rasulullah bersabda:

ثَلَاثُ دَعَوَاتٍ مُسْتَجَابَاتٌ لَا شَكَّ فِيهِنَّ دَعْوَةُ الْوَالِدِ وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ

Artinya :

“Tiga jenis doa yang dikabulkan dan tidak diragukan lagi, (yaitu) doa orang yang dizhalimi, doa orang yang bepergian dan orang tua (ayah) yang mendoakan (kejelekan) atas anaknya.” (Hadits Abu Daud Nomor 1313)

Tahapan Membaca Doa Safar

Sahabat, dalam melakukan perjalanan sebaiknya kita memperhatikan tahapan doa berikut ini. Agar diberi perlindungan dan keselametan oleh Allah SWT hingga sampai tujuan. Berikut tahapan doa safar:

Baca Juga:  Doa Untuk Orang Sakit : Bacaan Arab, Latin, Makna & Terjemahnya

1. Doa Keluar Rumah

Sebelum pergi sesaat setelah keluar dari rumah, alangkah baiknya jika membaca doa keluar rumah.

بِسْمِ اللَّهِ ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ ، وَلا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّه

“Bismillaahi Tawakkaltu ‘alallahi wa laa hawla wa laa quwwata illaa billaah .”

Artinya:

“Dengan menyebut asma Allah aku menyerahkan diri pada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain (milik) Allah.”

2. Doa Ketika Bepergian

Berikut ini adalah doa hendak melakukan berpergian jauh maupun dekat beserta latin dan artinya.

اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِعَنَّابُعْدَهُ اَللّٰهُمَّ اَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِوَالْخَلِيْفَةُفِى الْاَهْلِ

Allohumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa waatwi ‘annaa bu’dahu. Allohumma antashookhibu fiissafari walkholiifatu fiil ahli

Artinya:

“Ya Allah, mudahkanlah kami berpergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam berpergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga”

Kemudian jika kita sudah sampai ditempat tujuan hendaklah kita juga membaca doa ketika sampai di tempat tujuan. Dengan membaca doa ketika sampai di tujuan ini semoga Allah Swt, melindungi kita dari kejahatan, marabahaya, dan diberi kebaikan dari tempat tersebut. berikut ini adalah doa ketika sampai di tempat tujuan lengkap dengan artinya.

3. Doa Naik Kendaraan

Berdo’a sebelum bepergian sangatlah penting agar selama perjalanan senantiasa dijaga oleh Allah dari hal-hal yang membahayakan keselamatan kita. Oleh karena itu, hendaknya membaca do’a terlebih dahulu sebelum melakukan bepergian.

Dibawah ini adalah cuplikan dari bacaan beserta artinya yang sudah kami sebagaimana berikut:

Doa Sebelum Naik Kendaraan Darat Beserta Artinya

Saat menaiki kendaraan dan sebelum kendaraan melaju alangkah baiknya untuk membaca doa berikut ini:

بِسْمِ اللَّهِ مَجْرَاهَا ومُرْسَاهَا، إنَّ ربّي لَغَفُورٌ رَحِيمٌ وَمَا قََدَرُوا اللَّهَ حَقَّ قَدْرِهِ وَالْأَرْضُ جَمِيعًا قَبْضَتُهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَالسَّماوَاتُ مَطْوِيَّاتٌ بِيَمِينِهِ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى عَمَّا يُشْرِكُونَ

Artinya:

“Dengan nama Allah di waktu berangkat dan berlabuh sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Dan mereka tidak mengagungkan Allah dengan pengagungan yang semestinya. Padahal bumi seluruhnya dalam genggaman-Nya di hari kiamat dan langit digulung dengan kekuasaan-Nya. Maha Suci Allah dan Maha Tinggi dari yang mereka Persekutukan.

Doa Sebelum Naik Kendaraan Laut Beserta Artinya

بِسْمِ اللهِ مَجْرَهَا وَمُرْسَهَآاِنَّ رَبِّىْ لَغَفُوْرٌرَّحِيْمٌ

Bismillaahi majrahaa wa mursaahaa inna robbii laghofuurur rohiim

Artinya :

“Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”

5. Doa Di Dalam Kendaraan

Saat berada di dalam kendaraan dan kendaraan yang anda naiki mulai bergerak, bacalah doa berikut ini:

Baca Juga:  Ketahuilah Keutamaan Mengucap Innalillahi Wainna Ilaihi Roji’un

سُبْحَانَ الَّذي سَخَّرَ لَنا هَذَا وَما كُنَّا لَهُ مُقْرِنينَ، وَإِنَّا إلَى رَبِّنَا لَمُنْقََلِبُونَ

اللَّهُمَّ إنَّا نَسألُكَ فِي سفَرِنَا هَذَا البِرَّ وَالتَّقْوَى، وَمِنْ العَمَلِ ما تَرْضَى

اللَّهُمَّ إني أعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ، وكآبَةِ المَنْظَرِ، وَسُوءِ المُنْقَلَبِ في المَالِ والأهْلِ وَالوَلَدِ

“Subhaanalladzii sakhkhorolanaa hadzaa wa maa kunnaa lahu muq riniinna wa innaa ilaa rabbanaa lamunqolibuun”

Diteruskan, “Allahumma innaanasaluka fii safarinaa hadzaal birru wat taqwaa wa min ‘amali maa tardhoo”

Lanjutkan dengan kalimat terakhir, “Allahumma innii a’uudzubika min wa’tsaais safari wa kaabatil manzhori wa suuilmunqolabi fiil maali wal ahli wal waladi ”

6. Doa Ketika Singgah Di Suatu Tempat (Transit)

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

“a’uudzubikalimaatillahit tammaati min syarri maa kholaq”

Artinya:

“aku berlindung kepada dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan mahluk-Nya.”

7. Doa Ketika Sampai Tempat Tujuan

اللَّهُمَّ إنِّيْ أَسْألُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ أهْلِهَا وَخَيْرَ مَا فِيهَا، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهاَ وَشَرِّ أَهْلِهَا  وَشَرّ مَا فِيهَا

Allaahumma innii as aluka lhairohaa wakhairo ahlihaa wakhairo maa fiihaa wa a’uudzubika min syarrihaa wa syaarri ahlihaa wa syarri maa fiihaa

Artinya:

“Ya Allah, saya mohon kepada-Mu kebaikan negeri ini dan kebaikan penduduknya serta kebaikan yang ada di dalamnya. Saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan negeri ini dan kejahatan penduduknya serta kejahatan yang ada di dalamnya”

Itulah doa berpergian baik jauh maupun dekat serta doa ketika sampai di tempat tujuan. doa tersebut alangkah baiknya di hafalkan dan di amalkan dengan membacanya ketika kita hendak bepergian dan ketika sampai di tempat tujuan.

Agar Allah Swt melindungi kita ketika berpergian, melindungi keluarga yang sedang kita tinggal, dan dilindungi dari bahaya dan kejahatan dari tempat tersebut dan jangan lupa pada saat naik kendaraan membaca doa naik kendaraan. semoga doa diatas bisa bermanfaat.

Demikianlah penyampaian Panduan Bacaan Doa Bepergian Jauh Agar Diberi Keselamatan, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua maka dari itu Jagalah Iman Dan Taqwa kita. Terimakasih