Amal Yang Utama Dan 4 Kebajikan Utama Bagi Muslim

Amal Yang Utama Dan 4 Kebajikan Utama Bagi Muslim – Pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan Amal. Yang meliputi amalan yang utama serta dalilnya dan kebajikan yang paling utama bagi seorang muslim dengan pembahasan lengkap dan mudah dipahami. Untuk lebih detailnya silakan simak ulasan dibawah ini dengan seksama.

Amal Yang Utama

بِسْـمِ اللّهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ 
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللّهِ وَبَرَكَاتُه

عَنْ أَبِي عَمْرٍو الشَّيْبَانِيِّ أَنَّ رَجُلًا قَالَ لِابْنِ مَسْعُودٍ أَيُّ الْعَمَلِ أَفْضَلُ قَالَ سَأَلْتُ عَنْهُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ الصَّلَاةُ عَلَى مَوَاقِيتِهَا قُلْتُ وَمَاذَا يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ وَبِرُّ الْوَالِدَيْنِ قُلْتُ وَمَاذَا يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ وَالْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ 

Dari Abu ‘Amru Asy Syaibani bahwa seorang lelaki bertanya kepada Ibnu Mas’ud, “Amal apakah yang paling utama?” ia berkata; “Aku pernah bertanya kepada Rasulullah SAW tentang hal itu, maka baginda pun menjawab: “Shalat pada waktunya, “ aku bertanya lagi, “Wahai Rasulullah, lalu apa lagi?” baginda menjawab: “Berbuat baik kepada kedua orang tua, “ aku bertanya lagi, “Wahai Rasulullah, lalu apa lagi?” baginda menjawab: “Jihad di jalan Allah.”

(HR. Tirmidzi No: 158) Status: Hadis Sahih

Penjelasan

Sesuai dengan hadist tersebut bahwa sahabat bertanya kepada Nabi perihal “Amal Yang Paling Utama” dan baginda Nabi menjawab Shalat tepat pada waktunya dengan artian bahwa bagi muslim agar mengerjakan shalat sesuai pada waktu yang telah ditentukan. Kedua berbakti kepada orang tua yang mana sebagai anak hendaknya lebih berbakti kepada orang tua karena dengan lantaran merekalah seorang bisa dilahirkan di dunia. Ketiga jihad di jalan Allah dengan ketentuan yang telah ditentukan pada definisi jihad sendiri.

Baca Juga:  Tangan di Bawah dan Mereka yang Suka Dilayani

4 Kebajikan Utama Bagi Muslim

Kebajikan yang paling utama bagi seorang Muslim adalah:

  1. Shalat di awal waktu, shalat yang ditunaikan setelah adzan dikumandangkan memiliki keutamaan melampaui kebajikan apapun.
  2. Berbuat baik kepada kedua orang tua menempati urutan kedua setelah ketaatan kepada Allah Subhanahu wata’ala. 
  3. Kebaikan kepada kedua orang tua tidak terbatas ketika hidup keduanya masih hidup bersama kita, tetapi yang lebih utama adalah bakti setelah wafat, yaitu dalam bentuk doa untuk keampunan mereka di alam barzakh dan setelah nya. Jangan pernah meninggalkan doa untuk kedua orang tua kita, sesibuk dan sesempit apapun, usahakan ketika bakdza shalat dan ketika puasa untuk mendoakan keduanya.
  4. Berjihad di membela dan menegakkan Islam menempati urutan pertama dalam wilayah Muamalah. Jadilah pembela dan penolong agama Allah Subhanahu wata’ala, maka pertolongan Allah akan hadir meliputi kehidupan kita.
Firman Allah Subhanahu wata’ala yang berkaitan dengan tema hadits tersebut adalah


وَقَضٰى رَبُّكَ اَ لَّا تَعْبُدُوْۤا اِلَّاۤ اِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسَانًا ۗ اِمَّا يَـبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ اَحَدُهُمَاۤ اَوْ كِلٰهُمَا فَلَا تَقُلْ لَّهُمَاۤ اُفٍّ وَّلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَّهُمَا قَوْلًا كَرِيْمًا

wa qodhoo robbuka allaa ta’buduuu illaaa iyyaahu wa bil-waalidaini ihsaanaa, immaa yablughonna ‘indakal-kibaro ahaduhumaaa au kilaahumaa fa laa taqul lahumaaa uffiw wa laa tan-har-humaa wa qul lahumaa qoulang kariimaa

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan ah dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik.”(QS. Al-Isra’ 17: Ayat 23)

Demikianlah telah dijelaskan tentang Amal Yang Utama Dan 4 Kebajikan Utama Bagi Muslim semoga dapat bemanfaat sehingga menambah wawasan dan pengetahuan kalian.